oleh

Forum Kota Sehat Resmi Dibentuk, dr Dandel : Gerakan Mendorong Inisiatif Masyarakat Hidup Bersih, Nyaman, Aman dan Sehat

Manado, KOMENTAR – Walikota Manado, Andrei Angouw menghadiri kegiatan pelantikan Forum Kota Sehat Kota Manado Tahun 2022 di Aula Serbaguna Pemerintah Kota Manado. Acara ini dirangkaikan dengan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan di 87 Kelurahan dan 11 Kecamatan di Kota Manado.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Manado Ibu Iren Angouw Pinontoan, Sekretaris TP PKK Ibu dr. Merry Sualang Mawardi, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H., para Asisten, Kepala SKPD, Anggota DPRD Kota Manado, Kabag Protokol Innov Walelang  Para Camat, Tim Pembina Kota Sehat dan undangan lainnya.

Setelah acara pembukaan disampaikan laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Steiven Dandel dan dilanjutkan dengan pembacaan Tim Pembina Kota Sehat serta Pembentukan Forum Kota Sehat Kota Manado yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Manado.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Steiven Dandel mengatakan, Kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Konsep kota sehat tidak hanya berfokus pada pelayanan kesehatan, tetapi merupakan gerakan menyeluruh untuk mendorong inisiatif masyarakat menuju hidup yang sehat dengan tingkat ukuran kemajuan kota sehat.

Untuk mencapai tujuan tersebut lanjut Dandel, tentunya membutuhkan peran serta masyarakat yang kegiatannya dilaksanakan melalui Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk tercapainya kondisi kota di mana masyarakatnya hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat dalam melaksanakan aktifitas.

‘’Kepengurusan Forum Kota Sehat yang baru diharapkan akan meningkatkan kinerja seluruh anggota dalam  meraih tatanan yang lebih baik,’’ katanya

Diketahui, sebagai pengarah Forum Kota Sehat adalah Walikota, Wakil Walikota Manado dan Ketua DPRD Kota Manado, Penanggujawab adalah Sekretaris Pemerintah Kota dan Ketua TP PKK Kota Manado serta Ketua Forum Kota Sehat yang dijabat oleh dr. Merry Sualang Mawardi.

Setelah Pembacaan Pengurus dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pantikan yang disampaikan oleh Walikota Manado yang menandai Pelantikan secara resmi Forum Kota Sehat Kota Manado serta Pengurus Tim Pembina Kota Sehat Kota Manado 2022.

Pembacaan Ikrar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh Walikota Manado yang diikuti seluruh Camat se Kota Manado dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Forum Kota Sehat, Tim Pembina Kota Sehat serta Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Walikota Manado didampingi Ketua TP PKK Kepada Kecamatan yang telah melaksanakan Program Stop BABS dengan baik.

Walikota Manado ketika memberikan sambutan menyampaikan, selamat bekerja kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Setiap organisasi pasti ada semangatnya,” kata Walikota diawal sambutannya. Bagi Walikota daerah kita harus bisa bersaing dengan daerah lainnya. Supaya bisa bersaing, masyarakat kita harus sehat,”urai Walikota. Walikota menambahkan, bahwa Kota Manado diharapkan maju dan berkembang dan salah satu parameternya adalah bahwa kota kita harilus sehat dan nyaman ditinggali.

Walikota juga ikut mewarning tentang sampah yang masih menghiasi Kota Manado. Menurut Walikota diciptakan budaya dan hidup sehat dengan cara berani menegur jika ada yang kencing apalagi BAB sembarangan. “Yang punya wilayah seperti para Camat agar memberdayakan para Lurah dan ketua lingkungan. Harus tegas dan kalau perlu keluarkan SP (Surat Perintah) supaya kita ada wibawa,”tegas Walikota. Walikota menambahkan bahwa hal ini perlu sosialisasi dan sekali lagi harus ada ketegasan di lapangan.

Imunisasi juga menjadi perhatian Walikota untuk dicek dilapangan sebab imuninasi membentengi anak-anak dari penyakit supaya kota ini bisa sehat, bisa maju dan masyatakatnya sejahtera.

Acara dilanjutkan dengan seremoni deklarasi stop BABS yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Walikota Manado.(luc)

Komentar