oleh

HUT ke-58 Provinsi Sulut, Gubernur Olly dan Wagub Steven Kenakan Pakaian Adat, “Ciptakan Sejumlah Prestasi”

Manado, KOMENTAR – Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-58 digelar dengan penuh nuansa budaya di lapangan Kantor gubernur, Jumat (23/09). 

Gubernur Olly Dondokambey bersama istri Rita Maya Tamuntuan hadir mengenakan pakaian adat Minahasa. Sementara Wakil Gubernur (Wagub), Steven Kandouw dan istri tampil mengenakan pakaian adat Bolaang Mongondouw (Bolmong).

Bukan hanya Gubernur Olly dan Wagub Steven, sejumlah Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut mengenakan pakaian dari berbagai etnis di Sulut seperti, Kepulauan Sangihe, Talaud, Sitaro, Kabupaten Minahasa dan Bolmong Raya.

Perayaan HUT Provinsi tahun ini juga dihadiri beberapa anggota DPR dan DPD RI asal Sulut. Istri mantan gubernur pertama juga hadir. Mantan Wagub Sulut, pimpinan DPRD Sulut, pemuka dan tokoh agama, tokoh adat, Miss Indonesia 2022 asal Sulut dan warga masyarakat Sulut yang berprestasi juga hadir. Gubernur Olly bertindak sebagai inspektur upacara dan memimpin hening cipta untuk mengenang jasa para pahlawan asal Sulut.
“Bangkit Bersama Sejahtera Bersama” menjadi tema HUT Provinsi tahun 2022 ini. 

Gubernur Olly mengatakan, Sulut telah berjuang dan mampu keluar dari ancaman Covid-19. Dimasa pandemi, Sulut berhasil menciptakan sejumlah prestasi. Setidaknya ada tiga rumah sakit berdiri yakni RSUD ODSK, RSJ Kalasey dan rumah sakit mata. Bukan hanya itu, infrastruktur sarana dan prasarana terus diproses hingga ekspor hasil pertanian dan perikanan di masa pandemi berhasil di buka.

“Kita pulih dari Covid 19. Direct call Manado ke Narita Jepang untuk meningkatkan ekspor hasil komoditi perikanan dan rempah kita. Kita pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kini bukan lagi pandemi, tapi sudah menjadi endemi. Semangat perjuangan dan kegigihan para pendiri, harus kita warisi dalam melanjutkan pembangunan daerah kita,”ujarnya.

Gubernur Olly juga menyentil soal harmonisasi hidup di Bumi Nyiur Melambai tercinta. Menurutnya, kebersamaan dan keamanan yang dipertontonkan menjadi kekuatan dalam melewati pandemi.
“Kita berhasil melaksanakan vaksinasi sampai booster. Terima kasih kepada pihak TNI, Polri dan tokoh agama dan masyarakat dalam menjaga kebersamaan dan keamanan di Sulut. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kita berhasil membangun. Mari kita gaungkan budaya mapalus di HUT Provinsi ke-58 ini,” imbuhnya.

Kesempatan itu, Gubernur Olly juga memaparkan keberhasilan dan capaian Sulut selama pandemi. Dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menyentuh angka 73,40 persen. Indeks Kebahagiaan 74,96 persen. Angka tersebut mencatatkan Sulut sebagai Provinsi kelima dari 10 yang paling bahagia di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di triwulan ke-2 tahun 2022 sebesar 5,93 persen atau berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,44 persen. 
Sementara inflasi di Sulut masih terkendali dengan angka 3,84 persen.

Angka ini paling rendah di pulau Sulawesi. Sektor pertanian dan perkembunan terus di dorong dalam program “mari jo ba kobong”. Begitu juga dengan percepatan digitalisasi untuk mendorong pencepatan kegiatan di sektor ekonomo, peningkatan JMKM dan masih banyak lagi terus dilakukan. Disamping itu, Gubernur Olly mengaku dimasa pandemi Pemprov Sulut akan tetap optimal da mendukung program prioritas nasional yakni pembangunan Tol Manado-Bitung. Tol ini menjadi yang terpanjang di Sulut yang diresmikan di masa pandemi.(ist/mly)

Komentar