oleh

Permintaan Kejaksaan dan Polisi, Inspektorat Audit Investigasi Pengunaan Dana BOS dan DD

Moudy Lontaan.

Tondano, KOMENTAR

Kepala Inspektorat Minahasa, Moudy Lontaan membeberkan jika pihaknya sedang melakukan audit investigasi terhadap sejumlah pengunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan Dana Desa (DD).

“Dana BOS dan DD saat memang sementara pemeriksaan. Termasuk menerima permintaan audit investigasi, ” ungkap Lontaan, Senin (26/09).
Dikatakan Lontaan, audit investigasi dilakukan untuk memastikan adanya penyelewengan atau penyimpangan anggaran atau tidak.

“Kalo ada temuan kerugian keuangan harus di tindak lanjuti. Itu wajib. Nantinya ada waktu 60 hari untuk tindak lanjut, ” ujarnya. Menurut Lontaan, audit investigasi dilakukan karna ada permintaan dari instansi terkait.

“Sejauh ini ada banyak bantuan atau permintaan audit investigasi baik dari Kejaksaan maupun Kepolisian untuk penggunaa dana BOS dan DD untuk sejumlah desa. Ada dari Kepolisian dan Kejaksaan dari Manado, Tomohon dan Minahasa. Kalau mereka minta bantuan audit kita audit. Apapun hasil audit akan tindak lanjuti, ” ujarnya.

Iapun menegaskan, jika pemeriksaan yang dilakukan untuk mengurangi resistensi ketika ada temuan yang sifatnya administratif.
“Diharapkan agar pengunaan dana dilakukan sesuai norma dan ketentuan yang berlaku.Dikerjakan sesuai ketentuan. Kalo ada temuan kerugian ada kesempatan klarifikasi dan harus di tindak lanjuti, ” paparnya.(bly)

Komentar