oleh

Pj Sekdaprov Praseno Hadi: Pentingnya Kampanyekan Germas dengan Libatkan Stakeholder

Manado, KOMENTAR – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) DR Praseno Hadi mengatakan pentingnya melibatkan stakeholder dalam upaya edukasi program Germas kepada masyarakat.

“Pentingnya mengkampanyekan Germas dengan libatkan stakeholder. Apalagi ini menyangkut masalah prilaku dan lingkungan yang punya keterkaitan,” kata Praseno dalam arahannya pada Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor/Lintas Program Perkembangan Kebijakan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di salah satu hotel berbintang di Manado, Rabu (28/09).

Lanjut dikatakan Praseno Hadi didampingi Kepala Dinkesda Sulut, dr Debie Kalalo dan akademisi sekaligus pemateri Dr Joy Rattu, bahwa seperti halnya prilaku yang memang sulit untuk diubah karena berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

“Contohnya kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, jarang olahraga dan tidak makan makanan bergizi,” kata Praseno Hadi.

Kemudian terkait lingkungan, lanjutnya, punya keterkaitan dengan Germas.
“Seperti lingkungan kotor contohnya. Tentu akan berdampak bagi kesehatan masyarakat sekitar lingkungan tersebut,” sebutnya.

Praseno Hadi mengatakan, salah satu upaya menerapkan Germas yaitu dengan kegiatan kampanye atau sosialisasi.
Ia mengakui pers punya peran besar dalam membantu program pemerintah melakukan edukasi kepada masyarakat terkait program Germas ini.

“Saya senang wartawan juga hadir di acara ini. Butuh kerja bersama wujudkan Sulut Sehat,” kata Praseno Hadi.

Di sisi lain, Praseno menyebut, sarana dan prasarana kesehatan di Bumi Nyiur Melambai terus digenjot Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK).

“Daerah kita mulai unggul dengan hadirnya RSUD ODSK, RS Khusus Mata, serta banyak rumah sakit swasta lainya,” sebutnya.
Meski begitu, Praseno Hadi mengungkapkan kesehatan menjadi hal penting bagi masyarakat dalam menunjang pembangunan daerah.

“Apalagi bagi para generasi muda kita sangat penting untuk dilakukan edukasi cara hidup sehat lewat program Germas ini. Mudah-mudahan ada program konkrit agar dapat mewujudkan slogan daerah ini, yaitu Sulut Sehat, Sulut Hebat,” tandasnya.
Sebelumnya, Kepala Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkesda Sulut, dr Rima Lolong menyampaikan laporan terkait kegiatan ini.

Tujuannya, kata Rima, meningkatkan koordinasi/dukungan lintas sektor dan lintas program dalam mengimplementasikan kebijakan Germas di Provinsi Sulut.
Selanjutnya, menyamakan persepsi tentang pelaksanaan Germas dalam rangka mendukung pencapaian derajat kesehatan masyarakat.

Kemudian, adanya kerja sama dan komitmen bersama antara lintas sektor terkait yang diwujudkan dalam strategi penguatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat melalui Germas.
Ditambahkan, untuk mendukung Germas, sudah membentuk Forum Komunikasi yang melibatkan semua sektor. (ist/mly)

Komentar