Inovasi PLN Raih Penghargaan Gold Medal di Internasional Forum of Inovator IN’HUB di Rusia

Jakarta, KOMENTAR. PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui karya inovasi dalam ajang International Forum of Innovator IN’HUB Tahun 2022. Karya inovasi PLN yang mendapatkan apresiasi forum tersebut adalah THECAL ( Thermometer Calibration) to Improve the Reliability of Power Transformers.

Forum yang terpusat Novosibirsk, Rusia ini digelar pada 6-8 Oktober 2022 secara daring. IN’HUB adalah salah satu pameran terbesar dan menjadi ajang bagi para penemu untuk memamerkan penelitian, serta menunjukkan ide-ide mereka.

General Manager PLN UIT JBB Erwin Ansori mengatakan penghargaan ini menunjukkan bahwa PLN sebagai perusahaan ketenagalistrikan di Indonesia selalu adaptif dan inovatif untuk menghadirkan listrik yang andal dan pelayanan prima bagi para pelanggan.

“Keberhasilan inovasi THECAL dalam ajang internasional ini mempertegas PLN sebagai perusahaan listrik yang tidak hanya andal dalam menyediakan pasokan listrik namun juga memiliki SDM berdaya inovasi tinggi,” katanya.

Dia pun berharap penghargaan ini dapat memacu setiap insan PLN untuk dapat berkreasi dan menelurkan ide-ide kreatif mereka.

TheCal merupakan karya inovasi pegawai PLN UIT JBB pada 2016 bidang Technical Supporting. Karya inovasi ini dikembangkan oleh tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).

Hingga saat ini, sebanyak 21 unit TheCal sudah diproduksi dan akan bertambah sebanyak 12 unit lagi pada tahun 2023 dengan value creation menghindari energi tidak tersalur sebesar 113,44 MWh dalam satu kali gangguan pada pengaman suhu transformator dengan nilai Rp 126,3 juta.

Hal ini menjadi bukti bahwa Karya Inovasi Pegawai PLN mampu memberikan kontribusi dengan berinovatif mendukung transformasi PLN.(jou)

Komentar