365 Orang Ikut Seleksi PPK, KPU Minahasa Lakukan Perengkingan

Minahasa5 Dilihat

Tahapan seleksi tertulis calon PPK di Minahasa berlangsung di Puskom Unima.

Tondano, KOMENTAR-Sebanyak 365 peserta yang tersebar di 25 Kecamatan di Kabupaten Minahasa telah lolos seleksi administrasi untuk menjadi Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Kini, mereka menjalani tahapan tes tertulis di Pusat Komputer (Puskom) Unima, Kamis (09/12)

Komisioner KPU Minahasa, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Pieter Mawikere, mengatakan berdasarkan aturan KPU akan mengambil anggota PPK paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan, sesuai nilai tertinggi yang lulus seleksi tertulis.

“Setiap peserta akan di-ranking, dan mengambil paling kurang 10 sampai 15 terbaik setiap kecamatan yang mendapat nilai paling tinggi saat tes tertulis,” ujarnya.

Peserta yang lolos seleksi tertulis ini, akan mengikuti tes wawancara sehingga tersisa 5 yang diterima menjadi PPK, sementara 5 diantaranya sebagai cadangan.

“Hasil seleksi tertulis akan diumumkan pada tanggal 11 Desember 2022 ini. Kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang nanti akan diumunkan KPU Minahasa,” jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa seleksi tertulis ini berlangsung ketat, dilakukan dengan sistem computer assisted testing (CAT) dan setiap peserta akan dijawab sebanyak 75 soal dengan durasi per sesi 90 menit dengan materi soal yang rumit terkait undang undang pemilu. (bly)

Komentar