Duet Rido-GK Menyeruak di Pilkada Minahasa 2024

Etalase, Minahasa13 Dilihat

Tondano, KOMENTAR- Kabar ketua Pemuda GMIM, Rio Dondokambey (RiDo) maju sebagai calon Bupati Minahasa pada Pilkada 2024 mulai menyeruak. Menariknya, Ia disandingkan dengan politisi kawakan PDIP sekaligus ketua DPRD Minahasa, Glady Patricia Kandouw (GK).

Rido-GK diyakni sebagai duet maut yang sulit dikalahkan rival siapapun calon bupati dan wakil bupati. Rio dinilai figur muda milenial dan memiliki gaya berfikir kreatif. Terlebih, Rio merupakan jebolan Universitas Amerika. Sedangkan, Glady politisi senior dan punya tingkat elektabilitas cukup ramai di internal PDIP Minahasa. Terlebih, Ia sudah teruji selama menjabat sebagai wakil rakyat. Keduanya, dianggap merupakan sosok yang mumpuni membawa Minahasa lebih maju.

“Minahasa dengan luas wilayah dan jumlah penduduk serta pemilih yang besar sangat strategis diperebutkan. Terlebih Untuk kepentingan investasi dan politik. Saya kira duet Rio-GK sangat cocok. Apalagi keduanya kader internal PDIP dan sangat diterima di internal partai, ” ungkap pemerhati politik Minahasa, sekaligus direktur Jaringan Intelektual Minahasa, Steven Tumbel, Selasa (24/01).

Duet pasangan ini memang mulai ramai di perbincangkan para polisi “dadakan” di sejumlah rumah kopi di Minahasa.

“Kabar bahwa Rio Dondokambey bakal dimajukan ke DPR RI. Namun, bagi kami Ia lebih layak jadi Bupati. Kepala daerah lebih prestesius dibanding anggota DPR RI, ” ujar Yohan dirumah kopi Kawangkoan.

“Rio cocok baku par deng Glady Kandouw yang punya popularitas. Beliau menguasai Tondano dengan jumlah memilih lumayan banyak., ” ujar Rommy di rumah kopi Tondano.

Kepastian Rio maju Pilkada Minahasa memang ada benarnya. Apalagi, baliho RiDo for Minahasa sudah marak beredar sejak tahun lalu dan saat ini masih ramai terpasang sejumlah wilayah Minahasa.

PDIP memang sedang mengondok sejumlah nama yang akan diusung sebagai cabup dan cawabup termasuk menyusun beberapa skenario yang akan dilakukan dalam menghadapi Pilkada Minahasa 2024. Isu beredar, diantara skenario yakni duet RiDo-GK. Lantas Ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey (RD) bakal didorong ke gedung “cengkih” sebutan kantor DPRD Propinsi dengan posisi ketua dewan. RD yang saat ini duduk sebagai wakil bupati diprediksi bakal merebut suara signifikan di pemilihan legislatif 2024 nantinya. Demikian juga, Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) juga sudah diperintahkan partai maju pileg tingkat Provinsi Sulut dapil Minahasa-Tomohon.

Disamping duet Rido-GK. Skenario lain juga beredar pasangan Robby Dondokambey (RD)-Glady Kandouw (GK) atau RD-Milisa Gerungan (RD-HAG). Bersamaan juga muncul aspirasi jika Royke O Roring, bupati Minahasa saat ini masih layak diusung PDIP. Apalagi tingkat elektabilitas nama ROR terus meningkat.

Belum ada konfirmasi terkait isi ini. Namun, ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey pada wartawan beberapa waktu lalu menegaskan jika partainya belum fokua membahas Pilkada dan saat ini masih konsentrasi menghadapi Pemilu Legislatif.

“Saat ini kita belum membicarakan soal calon bupati atau wakil. Soal Pilkada nanti setelah Pileg. Saat ini sedang mempersiapkan nama nama daftar caleg, ” ujar Robby.(bly)

Komentar