Didampingi Gubernur Olly, Kepala BNPB RI Tinjau Lokasi Bencana dan Serahkan Bantuan DSP

Sulut, KOMENTAR- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI), Letjen TNI Suharyanto SSos MM didampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan rombongan melihat langsung kondisi terkini pasca banjir dan longsor sekaligus memastikan penanganan tanggap darurat bencana di Kota Manado, Sabtu (28/01).

Setibanya di Manado, Kepala BNPB RI dan rombongan langsung menuju ke Kantor Gubernur Sulawesi Utara dilanjutkan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak Pemerintah Provinsi Sulut dan Forkompimda, untuk membahas penanganan darurat bencana serta langkah-langkah menghadapi cuaca ekstrem..

Dalam rakor tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bahwa warga yang terdampak akibat bencana banjir dan longsor sebanyak 313 KK (kepala keluarga) dan 9.382 jiwa, sedangkan dari 313 KK teradapat 63 KK diantaranya berdampak akibat longsor, dan 5 orang meninggal dunia, 1 Balita (anak) dan 4 dewasa/manula.” sebut Olly.

Menindak lanjuti kejadian tersebut, Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Provinsi Sulut telah menyiapkan fasilitas pendukung guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana berupa sekolah dan kantor pemerintah, seperti kantor desa, kantor kelurahan maupun kantor kecamatan termasuk rumah ibadah.” kata Olly.

Olly juga mengatakan bahwa Pemerintah daerah bekerja sama dengan TNI-Polri sudah mengupayakan bantuan tanggap darurat sesegera mungkin, termasuk menyiapkan tempat pengungsian beserta fasilitas pendukungnya dan dapur umum ”.

Sementara Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa, dalam awal tahun 2023 hingga hari ini, Negara Indonesia sudah mencatat 146 kali bencana alam termasuk di wilayah Provinsi Sulut. Artinya sebagian besar wilayah negara Indonesia berada didaerah yang rawan bencana,” ungkapnya.

Kepala BNPB juga mengatakan, kejadian banjir Manado bukan pertama kali ini terjadi, setiap awal tahun disaat intensitas hujan meningkat Kota Manado selalu terjadi bencana. β€œTentu saja ini menjadi pokok perhatian bersama baik pemerintah daerah, kota maupun kabupaten, agar di tahun 2024 tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kepala BNPB RI memberikan bantuan DSP (Dana Siap Pakai) untuk Kota Manado sebesar Rp500 juta serta bantuan logistik Rp250 juta dan bantuan perlengkapan berupa 2.000 selimut, 1.000 matras, 1.000 terpal, 25 tenda ukuran 3×4 dan 25 tenda ukuran 4×4.

Selain itu, diberikan juga DSP untuk Provinsi Sulut sebesar Rp700 juta, bantuan logistik Rp300 juta, bantuan perlengkapan berupa 3.000 selimut , 3.000 matras , 3.000 terpal , 50 tenda ukuran 3×4 dan 50 tenda ukuran 4×4.

Kepala BNPB RI juga menyalurkan DSP kepada Pemerintah Kabupaten Sangihe untuk penanganan banjir sebesar Rp500 juta ditambah logistik Rp250 juta, perlengkapan berupa 2.000 selimut, 1.000 matras, 1.000 terpal, 25 tenda ukuran 3×4 dan 25 tenda ukutan 4×4.

Usai Rakor, Kepala BNPB RI didampingi pejabat serta Pemerintah Provinsi Sulut dan Forkompimda meninjau lokasi yang terdampak bencana, di Perumahan relokasi Pandu, di Kp Molas Lingk V Kecamatan Bunaken Barat, di perumahan Lantamal VIII/Manado yang terdampak longsor. Selain itu, memberikan bantuan sembako kepada masyarakat korban bencana yang di tampung di Aula Korem 131/ Santiago serta meninjau Dapur umum Kodam XIII/ Merdeka di Makorem 131/Santiago yang selama ini mendukung makanan setiap harinya bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Turut mendampingi Kepala BNPB RI, Gubernur Olly Dondokambey, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar setyawan, SIP, Deputi Bidang Log dan peralatan Zaherman Muabezi SH, Kapusdantikom Abdul Muhari, Kapusdalops BNPB Bambang Surya Putra, unsur Forkopimda Sulut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M Luthfie Beta SSos MSi, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan SE, Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen, Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw, Walikota Manado Andrei Angouw, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, Asops Lantamal VIII Kolonel laut P Dwi Yoga, Kadisops Lanud Sam Ratulangi Kol Pnb Ade Fitra serta Dansat Brimob Polda Sulut Kombes Pol Brury S A Putro.(*)

 

Komentar