Optimis Pertahankan WTP, Komitmen Pemda Talaud Ciptakan Pengelolaan Keuangan Berkualitas

Pemerintah Daerah (Pemda) Talaud telah berhasil menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) secara tepat waktu, ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Sulut, baru-baru ini.

Menariknya, dari 15 Kabupaten/Kota hanya Pemkab Talaud, Kabupaten Minahasa, Bolsel dan Tomohon merupakan daerah di Provinsi Sulut yang tepat waktu dalam penyerahan LKPD Unaudited TA 2022.

Bupati Kepulauan Talaud, Dr. dr. Elly Engelbert Lasut, ME mengatakan, ini adalah bentuk kepatuhan serta komitmen menyusun LKPD yang baik dalam penyusunan LKPD Tahun 2022. Dimana,  Pemda Talaud tidak terlepas dari dukungan penuh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)-RI Perwakilan Sulut.

“Kami terus berkomitmen untuk menciptakan pengelolaan keuangan yang berkualitas. Hal ini juga wujud dari Pemda Talaud untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),”ujar E2L sapaan akrabnya.

E2L mengatakan bahwa, penyusunan LKPD tahun 2022 tak lepas dari pendampingan BPKP. Untuk itu, E2L menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan LKPD tersebut.

“Saya berharap BPKP bisa melakukan pendampingan dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga Pemkab Talaud bisa meraih opini WTP yang berkualitas,”ujarnya.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Sekretaris Daerah Dr. Yohanis Kamagi, AP, MSi bahwa, pengelolaan keuangan daerah Pemda Talaud melalui aplikasi SIPD serta bersinergi dengan BPKP RI menggunakan aplikasi FMIS.

“Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) merupakan¬†aplikasi berbasis Web yang dikembangkan oleh BPKP-RI yang memfasilitasi pengelolaan keuangan daerah mulai perencanaan sampai dengan pelaporan dan akuntabilitas kinerja,”jelasnya.

Lanjutnya, aplikasi FMIS adalah SIMDA Next-G  yang merupakan pengembangan aplikasi SIMDA yang sudah dibangun BPKP sejak 2003 dan digunakan secara massif oleh pemerintah daerah yang mana Talaud adalah Kabupaten pertama di Sulut yang menggunakan SIMDA yang pertama pada waktu itu.

“Sehingga Bupati Talaud sangat berterima kasih melalui BPKP-RI yg senantiasa melakukan pendampingan bagi Pemda Talaud dan berharap sinergitas BPKP-RI dengan Pemda Talaud terus berjalan dengan baik,”tutup Kamagi yang dikenal dengan profesional, loyal dan disiplin.(vil)

Komentar