Bahas Pemilihan Kepala Kampung, Pj Bupati Maybrat Temui Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

Jakarta, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard Rondonuwu SSos MSi melakukan pertemuan dengan Dirjen Bina Pemdes, Eko Prasetyanto Purnomo Putro, di Ruang Kerja Dirjen Bina Pemerintah Desa (Pemdes), Selasa (14/03).

Adapun tujuan kedatangan Bernhard Rondonuwu bersama rombongan untuk membahas Pemilihan Kepala Kampung di Kabupaten Maybrat.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Bernhard menyampaikan adanya keinginan Pemda untuk mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Kampung yang baik dan benar.

Bernhard juga menyampaikan pemilihan kepala kampung di Kabupaten Maybrat terakhir kali dilaksanakan 2006, dan banyaknya laporan yang diterima dari masyarakat mengenai penggunaan dana desa yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat yang dilakukan oleh beberapa kepala kampung sehingga menimbulkan konflik horizontal.

Bernhard Romdonwu juga berencana untuk menyelenggarakan pemilihan kepala kampung secara bertahap pada distrik-distrik induk di Kabupaten Maybrat.

Sementara Eko memberikan apresiasi kepada Pemda Maybrat untuk menyelenggarakan pemilihan kampung mengingat belum pernah ada pemilihan yang dilakukan di Kabupaten Maybrat. Eko juga menyarankan, agar Pj Bupati Bernhard beserta jajaran dapat membuat skema rencana pelaksanaan pemilihan kepala kampung dengan membuat kampung percontohan dan kampung yang sudah kondusif untuk dilaksanakan pemilihan kepala kampung.

Penjelasan secara teknis mengenai rencana pelaksanaan pemilihan kepala kampung, nantinya akan di sampaikan secara resmi oleh Ditjen Bina Pemdes Kemendagri kepada Kabupaten Maybrat.(*)

 

Komentar