Dukcapil Minahasa Gencarkan Registrasi Identitas Kependudukan Digital

Kepala Dinas Dukcapil Minahasa, Meidy Rengkuan

Tondano, KOMENTAR- Pemkab Minahasa melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus menggencarkan sosialisasi dan penerapan Identitas Kependudukan Digital atau IKD.

Kepala Dinas Dukcapil Minahasa, Meidy Rengkuan mengatakan, pihaknya tengah melakukan registrasi IKD diberbagai lokasi dan tahap awal tengah menyasar kalangan aparatur sipil negara (ASN). Selain itu registrasi IKD juga bisa dilakukan di kantor Disdukcapil bagi masyarakat umum.

‚ÄúProgram registrasi IKD sudah masuk hari ke 15. Saat ini kita sedang melakukan pelayanan registrasi untuk kalangan ASN,” ujar Rengkuan pada harian ini, Rabu (15/03).

Dikatakan mantan Kasat Pol PP ini, hingga Maret 2023, sudah hampir 1000 penduduk yang telah registrasi ke IKD. Dukcapil Minahasa sendiri menargetkan tahun 2023 ini, 25 persen penduduk Minahasa yang telah merekam KTP sudah registrasi IKD. “Registrasi memang bertahap. Posisi saat ini mendekati 1000 penduduk. Sebagian ASN ada juga masyarakat umum. Tahun ini kita targetkan 25 persen dari jumlah penduduk sudah melakukan registrasi IKD, ” ujarnya.

Menurutnya, IKD sendiri merupakan salah satu terobosan pemerintah pusat untuk mempermudah pelayanan publik. Sebab, dengan melakukan registrasi dan mengunduh aplikasinya, masyarakat akan memiliki dokumen digital hanya dalam satu genggaman.

“Cukup dengan IKD masyarakat sudah bisa menggunakan data identitasnya seperti KTP secara legal dan semestinya. Karna dengan aplikasi IKD, maka semua pelayanan publik berada dalam satu aplikasi sehingga semua dokumen kependudukan terintegrasi dalam satu aplikasi tersebut, “ujarnya.

Nantinya ada enam jenis kartu yang bisa terintegrasi jadi satu di aplikasi ponsel, yakni KTP,  KK,  NPWP, Kartu Vaksin, Kartu Pemilih Tetap untuk Pemilu tahun 2024, dan Kepemilikan Kendaraan BKN (Badan Kepegawaian Negara).

“Masyarakat umum yang ingin mengaktifkan IKD cukup menyiapkan tiga syarat, yakni KTP Elektronik, telepon seluler android, dan email aktif, ” papar Ringkuan.(bly)

Komentar