Pemkab Minahasa Terima Penghargaan UHC Award Dari BPJS

Tondano, KOMENTAR- Pemerintah Kabupaten Minahasa di bawah kepemimpinan Bupati Royke Oktavian Roring (ROR) dan Wakil Robby Dondokambey (RD) menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan UHC diberikan langsung oleh
Mendagri, Tito Karnavian di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, yang dalam hal ini diterima langsung oleh Bupati Roring, Selasa (14/03).

Melalui siaran pers yang disampaikan Kadis Kominfo, Maya Kaindebmengatakan bahwa perhargaan itu sebagai wujud nyata komitmen Pemkab Minahasa, dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

“Penghargaan yang diraih ini, tentunya tak lepas dari dukungan semua stakeholder terkait yang membantu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait manfaat program JKN,” kata Kainde.

Untuk diketahui, Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi. Memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Diketahui juga, selain Pemkab Minahasa, beberapa kabupaten kota di Sulawesi Utara mendapat penghargaan yang sama, dan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof Dr (Hc) KH Ma’ruf Amin, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD AAK.

Seperti diketahui, Pemkab Minahasa sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023.
Terhitung bulan Maret 2023, sebanyak 339.329 jiwa penduduk Minahasa telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari total jumlah penduduk 344.440 jiwa atau sebesar 98,2%.

Artinya, hampir seluruh warga Minahasa telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Dan tinggal 5.111 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN atau sebesar 1,48%.

“Dari 339.329 jiwa penduduk Minahasa yang sudah terdaftar di JKN. Ada 105.145 jiwa di cover melalui segmen peserta PBI JK, 76.758 dari PBPU Pemda, 81.949 dari PPU, 65.314 dari PBPU, dan 10.163 dari BP,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa, dr Ivonee Rattu.(bly)

Komentar