Perebutan Lima Kursi KPU Sulut Ketat, 20 Nama Lulus Tes Tertulis dan Psikologi

Tim seleksi anggota KPU Sulut. 

Manado, KOMENTAR– Persaingan memperebutkan lima kursi komisioner KPU Provinsi Sulut periode 2023-2028 semakin ketat. Ini setelah, tim seleksi mengumumkan 20 dari 49 nama yang berhasil lolos tes tertulis dan psikologis, Selasa (14/03).

Adapun tes psikologi yang dilalui, mencakup 3 metode penilaian yaitu kognitif, afektif dan konatif sedangkan tes tertulis mengunakan metode CAT (Tes Tertulis Computer Assisted Test) mencakup soal pengetahuan umum, pengetahuan pemilu dan Undang Undang.

Menariknya, dari 20 nama yang lolos tersebut, empat diantaranya incumben alias anggota KPU Sulut saat ini. Yakni, Amrain Razak, Lanny Ointu, Meidy Tinangon dan Salman Saelangi.

Juru bicara tinsel, Livie Alow mengatakan, ke-20 nama yang lolos tersebut, selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara yang merupakan penentuan masuk 10 besar.

“Dari 49 Peserta yang lolos administrasi dan mengikuti tes, 20 peserta lulus seleksi tertulis dan psikologis. Mereka diantaranya 15 laki-laki dan 5 perempuan. Mereka yang lolos berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni kesehatan dan wawancara,” ujar Livie Allow pada harian ini, Selasa (14/03).

Ia mengatakan, 20 orang itu nantinya, akan menjalani tes kesehatan pada tanggal 16-17 Maret 2023 di Rumah Sakit Wolter Monginsidi dan tes wawancara tanggal 19-21 Maret 2023 yang tempatnya akan diinformasikan kemudian.

Nantinya kata Livie, tes kesehatan oleh pansel melibatkan dokter ahli dari TNI AD. Pemeriksaan medis dilakukan untuk memastikan peserta dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

“Tes wawancara oleh pansel untuk menilai dan mendalami integritas, profesionalitas peserta. Termasuk meminta klarifikasi kepada peserta yang mendapat tanggapan masyarakat, jika ada, ” ujar Livie.

Livie yang juga mantang anggota KPU Sulut ini, menambahkan, setelah 20 besar, pansel akan menetapkan 10 orang peserta dari hasil tes kesehatan dan tes wawancara. Selanjutnya, nama-nama peserta yang lulus tes tersebut diserahkan ke KPU RI.

Seleksi calon komisioner KPU Sulut periode ini dipastikan berlangsung ketat. Sebab, 20 nama yang terjaring merupakan figur figur mumpuni dan memiliki kapasitas dan kapabilitas.

Selain 4 incumben komisioner KPU Sulut . Ada pula nama Awaludin Umbola yang saat ini sedang menjabat anggota Bawaslu Provinsi Sulut. Ada juga nama mantan anggota Bawaslu Sulut, Kenly Poluan. Selain itu, ada nama Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh, komisioner Bawaslu Minahasa Selatan, Eva Keintjem, anggota KPU Tomohon Stenly Kowaas. Selain penyelenggara pemilu. Peserta yang lolos juga ada berlatar belakang akademisi dan aktivis organisasi masyarakat yang memiliki jaringan kuat.

Pleno penetapan 20 besar calon anggota KPU Sulut dipimpin Ketua Timsel, Dr Viktory N J Rotty MTeol MPd dan Sekretaris Dr Dra Joyce J Rares MSi, serta Anggota, Livie Allow, Rini Pakaya dan Rahmat Hanna SPd

Berikut 20 nama calon KPU Sulut yang lolos tes tertulis dan tes psikologi (berdasarkan abjad).

1. Amrain Razak
2. Asep Sabar
3. Awaludin Umbola
4. Eva Keintjem
5. Gusman Laeta
6. Idhli Ramadhiani Fithriah
7. Iwan Manoppo
8. Karlie Watung
9. Kenly Poluan
10. Lanny Ointu
11. Lilik Mahmudah
12. Lord Arthur Malonda
13. Meidy Tinangon
14. Mishart Manoppo
15. Rendy Umboh
16. Salman Saelangi
17. Sonny Undap
18. Stenly Kowaas
19. Wahyudi Rauf
20. Wiesje Wilar

Komentar