Wagub Steven Kandouw: Ketersediaan Pangan akan Dijamin Bulog

Sulut, KOMENTAR- Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan pihak Bulog telah menjamin ketersediaan pangan, dan operasi pasar berjalan setiap hari.

Hal itu dikatakan Wagub Steven Kandouw kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil SulutGo Ali Ahmad Najih Ansari, Manager Operasional Perum Bulog Kanwil SulutGo Mohammad Yatsir beserta jajarannya.

“Ketersediaan pangan akan dijamin oleh Bulog. Operasi pasar akan berjalan setiap hari, suplai beras, masalah harga juga keterlibatan stakeholder,” kata Wagub Kandouw di Lobi Utama Kantor Gubernur Sulut, Rabu (15/03).

Wagub Steven Kandouw menegaskan agar pemerintah kabupaten/kota harus turun langsung memantau ketersediaan pangan dan menjaga stabilitas harga di pasar-pasar.
“Pemerintah kabupaten/kota harus memonitor,” tegasnya.

Soal harga beras medium, Wagub Steven Kandouw meminta kepada para penjual di pasar harus memberikan harga sesuai harga eceran terstandar atau HET.

“Harga harus di bawah harga eceran seperti beras medium Rp9.450 per Kilogram,” imbuhnya.

“Kalau minyak goreng 14 ribu per Liter, kalau sudah 20 ribu itu sudah ada pemain,” sambung Wagub Steven.

Wagub Kandouw pun mengimbau kepada kepala-kepala pasar,agar bekerja akuntabel, dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Kepala-kepala pasar harus betul-betul bekerja secara akuntabel, harus mengutamakan kepentingan masyarakat bukan pejabat,” pesan dia.

Sementara itu soal harga cabe, Wagub Kandouw menyarankan agar masyarakat menanam sendiri. Namun untuk mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga sewaktu panen dari petani cabe, pemerintah akan tetap mencari solusi sebaik mungkin demi menjaga kestabilan.

“Kalau cabe kita terus mendorong masyarakat untuk menanam cabe. Pak Gubernur Olly Dondokambey selalu punya solusi seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita juga sudah ada kios pangan Pemprov Sulut,” jelas Wagub Steven.

Di tempat yang sama, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil SulutGo Ali Ahmad Najih Ansari mengungkapkan pihaknya sudah mempunyai ketersediaan pangan selama tiga bulan mendatang.

Pihak Bulog akan selalu berkontribusi dan bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk memastikan harga pangan bisa dijangkau oleh masyarakat secara luas.

“Kami dari Bulog sudah ada ketersediaan pangan sampai tiga bulan ke depan untuk Sulut sampai di Gorontalo dengan harga murah,” ungkap Ansari kepada wartawan.

Ansari menuturkan, usai tiga bulan mendatang pihaknya akan terus meningkatkan ketersediaan pangan, termasuk minyak goreng yang berkualitas.(ist/*)

 

Komentar