BPK Masuk Pemeriksaan Terinci, Sekda Minta Atensi SKPD

Ratahan, KOMENTAR

Setelah Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memasukkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022, maka Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan mulai melakukan pemeriksaan terinci. Terkait hal itu, Sekretaris Daerah, David Lalandos AP MM, meminta perhatian dan keseriusan dari semua Perangkat Daerah untuk pemeriksaan ini.
Masuknya tim dari BPK yang akan melakukan pemeriksaan terinci di Kabupaten Mitra tersebut ditandai dengan entry meeting pada Senin (13/03) kemarin, di mana dalam entry meeting ini langsung dihadiri Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Arief Fadillah SE MM CSFA. Dari jajaran Pemkab dipimpin Wakil Bupati Drs Jesaja JO Legi, didampingi Sekretaris Daerah, Inspektur Daerah Dra Marie Makalow, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah.
“BPK sudah masuk untuk pemeriksaan terinci, dan kami perhatian dan keseriusan dari semua perangkat daerah, tidak ada yang terkecuali,” ungkap Sekda. Perhatian yang dimaksud, katanya, adalah pro aktif menyiapkan dokumen-dokumen pengelolaan keuangan dan pemanfaatan anggaran pada 2022. “Jangan sampai BPK meminta dokumen lalu tidak langsung dipenuhi,” tukasnya.

Sementara itu Inspektur Daerah menjelaskan, tim BPK yang masuk di Kabupaten Mitra berjumlah sekira 8 orang, di mana mereka akan melakukan peeriksaan terinci selama 30 hari ke depan. “Sebelum pemeriksaan terinci ini, BPK sudah melakukan pemeriksaan pendahuluan juga selama 30 hari sebelum kita memasukkan LKPD,” ujarnya.

“Kita berharap supaya pemeriksaan ini boleh berjalan lancar tentu dengan sikap pro aktif dari semua Perangkat Daerah. Karena itu kami berharap supaya semua Perangkat Daerah serius dengan pemeriksaan ini,” pungkasnya.(ftj)

Komentar