Laporan Masyarakat Morowali Percepat PLN Pulihkan Kelistrikan Imbas Cuaca Ekstrim

Kolonodale, KOMENTAR. Kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini memberikan dampak gangguan pada distribusi kelistrikan khususnya di Kolonodale, Kabupaten Morowali. Cuaca ekstrim berupa hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa lokasi tersebar dan tanah longsor.

Hal ini mengakibatkan konstruksi kelistrikan berupa tiang dan jaringan listrik milik PLN mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini berdampak pada terhentinya pasokan listrik pada 4 penyulang yang menyuplai 32.727 pelanggan PLN di beberapa desa tersebar di Kabupaten Morowali.

Menanggapi hal ini, PLN bergerak cepat dengan langsung menerjunkan tim tanggap darurat untuk melakukan perbaikan secara bertahap pada jaringan listrik terdampak. Dalam proses perbaikan di lapangan tentunya petugas PLN mendahulukan prinsip K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) agar cuaca ekstrim selama perbaikan berlangsung tidak menimbulkan korban.

Ditemui di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palu (UP3 Palu), Agus Tasya yang bertindak sebagai Koordinator Tanggap Darurat yang juga Manager PLN UP3 Palu menyampaikan bahwa tim yang diturunkan telah berupaya secepat mungkin melakukan perbaikan pada jaringan terdampak sesuai dengan mekanisme perbaikan yang ada dengan dibantu laporan identifikasi gangguan dari segenap masyarakat Kabupaten Morowali.

ā€œPetugas kami telah diturunkan penuh untuk memastikan perbaikan jaringan listrik yang rusak dapat segera pulih kembaliā€, kata Agus.

Agus pun menyampaikan, ā€œDukungan dan kolaborasi dengan masyarakat di lokasi menjadi kunci petugas dalam mengidentifikasi dan mempercepat perbaikan gangguan hingga rumah-rumah pelangganā€, ungkap Agus.

Hingga pukul 10.00 WITA terpantau progres perbaikan sudah mencapai 82% dan diharapkan dapat segera rampung. ā€œKami tentunya membutuhkan dukungan dan doa serta informasi dari segenap masyarakat Morowali yang terdampak agar semua langkah perbaikan dapat berjalan dengan baik dan tanpa hambatanā€, tutup Agus.

Pelanggan di Kabupaten Morowali dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk dapat melaporkan titik-titik lokasi yang terganggu pasokan listriknya dengan menu Pengaduan. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.(jou)

Komentar