Wakili Gubernur Olly, Sekdaprov Steve Kepel Buka Festival Bendungan Kuwil Kawangkoan

Minut, KOMENTAR- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Steve Kepel ST MSi membuka Festival Bendungan Kuwil dalam rangka Hari Air Dunia ke-31 tahun 2023, di Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (16/03).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, saya mengucapkan apresiasi kepada Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 yang telah bersinergi dan memprakarsai rangkaian kegiatan ini sehingga bisa terlaksana,ā€ kata Kepel saat menyampaikan sambutan Gubernur Olly Dondokambey.

Lanjutnya, diharapkan dengan Festival Bendungan Kuwil Kawangkoan ini menjadi momentum untuk memperhatikan lingkungan.

ā€œMari kita bersama-sama menjaga keberlangsungan sumber daya air dan kelestarian lingkungan kita khususnya di sekitar Bendungan Kuwil Kawangkoan ini,ā€ ujarnya.

Selain membangun kesadaran menjaga, merawat sumber air dan lingkungan, diharapkan festival ini menjadi ajang promosi objek wisata baru daerah ini.

ā€œBendungan ini memiliki potensi menjadi objek wisata yang menarik bagi para wisatawan melalui pengembangan potensi wisata ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja meningkatkan perekonomian masyarakat,ā€ jelasnya.

Sementara Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Komang Sudana mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat melalui balai-balai di seluruh Indonesia menyelenggarakan peringatan Hari Air Dunia secara serentak setiap tahunnya.

ā€œHari Air Dunia merupakan perayaan yang ditujukan sebagai upaya menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyelamatan dan pengelolaan sumber-sumber air yang berkelanjutan,ā€ terangnya.

Tema internasional peringatan Hari Air Dunia tahun 2023 yakni, Be the thing you would to see in the world atau diadaptasi menjadi mempercepat perubahan untuk mengatasi krisis air dan sanitasi.

ā€œManfaat air sangat besar bagi semua maka semua pihak harus mengambil peran dengan membuat perubahan yaitu merubah cara kita menggunakan, mengkonsumsi dan mengolah air dalam kehidupan,ā€ paparnya.

Pada acara ini, dilaksanakan Pengukuhan Komunitas Peduli Bendungan Kuwil Kawangkoan, penanaman pohon serta pembuatan biopori.

Acara ini turut dihadiri Sekdakab Minut Novly Wowiling, perwakilan Lantamal dan jajaran Balai Wilayah Sungai Sulawesi I.(ist/*)

Komentar