Pj Bupati Maybrat Ikuti Kegiatan Koordinasi Pemeriksaan LKKL dan LKPD Tahun 2022

Maybrat, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Provinsi Papua Barat Daya Dr Bernhard Rondonuwu SSos MSi mengikuti kegiatan koordinasi pemeriksaan atas LKKL dan LKPD tahun 2022 di lingkungan Auditorat Keuangan Negara (AKN) VI, secara daring melalui zoom meeting, Kamis (29/03).

Kegiatan ini dihadiri beberapa Pimpinan Kementerian (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, BPOM), dan Kepala Daerah yang dilaksanakan secara langsung dan daring melalui zoom. Kegiatan itu bertujuan untuk mensukseskan pemerikaan LKKL dengan LKPD yang diselenggarakan oleh BPK RI.
Dalam paparan Kemenkes menyampaikan komitmen melakukan transformasi sistem kesehatan Indonesia diantaranya:
1. Transformasi Layanan Primer meliputi Edukasi penduduk, Pencegahan Primer, Pencegahan sekunder, Meningkatkan Kapasitas dan kapabilitasi pelayanan primer.

2. Transformasi layanan rujukan meliputi peningkatan akses dan mutu layanan sekunder dan tersier.

3. Transformasi sistem ketahanan kesehatan meliputi peningkatan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan, memperkuat ketahanan tanggap darurat.

4. Transformasi sistem pembiayaan kesehatan.

5. Transformasi SDM Kesehatan.

6. Transformasi teknologi kesehatan.

Kesempatan itu juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan beberapa poin, diantaranya mengenai alokasi anggaran yang dialirkan kepada daerah, agar dapat terealisasi sesuai dengan kerangka kerja dan dapat dipertanggung jawabkan. Penekanan pada sektor pendidikan yaitu bidang pengadaan SDM Guru.

Sementara Anggota VI BPK RI Dr Pius Lustrilanang SIP MSi CSFA CFrA menyampaikan beberapa poin. Diantaranya peningkatan sinergi dan kolaborasi dalam pemerinksaan, meningkatkan kapabilitas organisasi pemeriksaaan yang modern dan dinamis, meningkatkan kualitas pemeriksaan secara strategis, meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap pemeriksaan keuangan negara, mewujudkan pusat unggul pendidikan dan pelatihan pemeriksaan keuangan negara, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan kerja sama dengan pemangku kepentingan.(*)

Komentar