BP2MI Sulut dan Pemkab Minsel Fasilitasi Pemulangan PMI Bermasalah

Sulut, KOMENTAR – Balai BP2MI Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan

(Minsel), Senin (17/04) memfasilitasi penanganan pemulangan Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI B) atas nama Meine Tambayong warga Desa Buyungon, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Hendra Makalalag, yang merupakan Kepala Balai BP2MI Sulawesi Utara menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti kehadiran negara.

“PMI yang mengalami permasalahan dan sempat ditahan di penjara Malaysia adalah salah satu dari sekian permasalahan yang ditangani BP2MI, dan fasilitasi yang diberikan oleh Balai BP2MI Sulawesi Utara beserta Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang telah membiayai kepulangan PMI B tersebut merupakan salah satu bukti kehadiran negara dalam melindungi warganya”, ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk perhatian khusus dari Bupati Minahasa Selatan dan ditindaklanjuti dengan cepat melalui Balai BP2MI Sulawesi Utara.

‚ÄĚPenanganan pemulangan ini merupakan salah satu bukti Kepala Daerah yang responsif dan peduli kepada rakyatnya dimana pengaduan yang sempat diketahui dari media sosial langsung segera dikoordinasikan dengan Balai BP2MI Sulawesi Utara dalam rangka penanganan pemulangan PMI B tersebut bahkan langsung difasilitasi terkait pembiayaan pemulangan, sehingga dalam waktu 3 hari PMI B tersebut bisa sampai di Sulawesi Utara‚ÄĚ.

Mencegah terus terjadinya pengiriman yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, Kepala Balai BP2MI Sulawesi Utara mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pencegahan penipuan peluang kerja ke luar negeri.

“Balai BP2MI Sulawesi Utara tentunya tidak dapat bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan peran dari seluruh lapisan masyarakat dalam melakukan pencegahan maupun penindakan terhadap oknum maupun lembaga yang melakukan TPPO bermodus kerja di luar negeri termasuk terhadap pelaku yang memproses keberangkatan PMI B kali ini” kata Hendra.

‚ÄúBekerja ke luar negeri secara prosedural menunjukkan bahwa PMI adalah Pekerja yang termapil dan bermartabat. √Źnformasi terkait peluang kerja ke luar negeri beserta persyaratan dan prosedurnya dapat diperoleh di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota ataupun Balai BP2MI Sulawesi Utara‚ÄĚ lanjutnya.

Hendra juga menambahkan bahwa Balai BP2MI Sulawesi Utara menyampaikan apresiasi kepada Bupati Minahasa Selatan, Frangki Wongkar serta seluruh pihak yang selalu memberikan dukungan dan perhatian terhadap peningkatan pelayanan pelindungan kepada PMI di Sulawesi Utara.

“Keterlibatan dan fasilitasi kepulangan yang dilakukan oleh Bupati Minahasa Selatan dimana Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Selatan dan Staf Khusus Bidang Ketenagakerjaan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan yang turut hadir pada penjemputan PMI B di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado bahkan sampai ke rumah PMI di Desa Buyungon merupakan bentuk kepedulian dan perhatian terhadap permasalahan warga Minahasa Selatan yang bekerja di Luar Negeri.

Untuk itu, Balai BP2MI Sulawesi Utara memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Bupati Minahasa Selatan, Frangki Wongkar, yang telah membiayai pemulangan PMI Bermasalah yang adalah warga Minahasa Selatan itu sendiri” tutup Hendra.(luc)

 

Komentar