Pemkab Minahasa Tuntas Bayar THR PNS dan P3K, Habiskan Anggaran Rp 20,6 Miliar

Tondano, Komentar- Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Minahasa mulai tersenyum bahagia. Pasalnya tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 2023 telah di cairkan. Pemkab Minahasa sendiri menunaikan hak para ASN Minahasa tersebut tepat waktu.

“Proses pencairan THR sudah dimulai sejak pekan lalu. Kalau tidak salah, posisi saat ini tinggal satu SKPD yakni Tondano Barat. Tapi berkasnya sudah diajukan tinggal tunggu pencairan.Kemungkinan cair Selasa besok sebagai batas akhir pencairan THR,” ujar Kepala Badan BPKAD Minahasa, Jois Pua pada wartawan koran ini, Senin (17/04).

Pua mengatakan, THR dicairkan kepada para PNS, PPPK, hingga 35 anggota DPRD termasuk Bupati dan Wakil dapat gaji 14 tersebut. “Kecuali THL tidak dapat THR, ” ujarnya.

Lanjut Pua, komponen THR atau gaji 14 yang diberikan mencakup gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan PNS.

Selain THR, saat ini pemkab Minahasa juga telah menyalurkan tambahan penghasilan pegawai (TTP) bagi PNS hingga bulan Maret 2023. “Untuk TTP tinggal satu SKPD, dinas KB. Pencairan tertunda karna ada pergantian jabatan bendahara sehingga berkasnya harus menyesuaikan. Tapi dalam waktu dekat segera terbayarkan karna berkasnya sudah diajukan, ” ungkap Jois.

Pemkab Minahasa menyiapkan anggaran Rp20,6 miliar untuk membayar THR. Dana itu dibagikan kepada kurang lebih 5000 PNS dan 150 lebih PPPK, termasuk 35 anggota DPRD serta Bupati dan Wakil. Dana tersebut berasal dari DAU (Dana Alomasi Khusus).(bly)

 

Komentar