Wagub Steven Kandouw dan Pejabat Pemprov Sulut Safari Ramadan di Bolsel

Bolsel, KOMENTAR- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven OE Kandouw dan istri dr Kartika Devi Tanos serta para pejabat Pemprov Sulut melakukan safari ramadan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (19/04).

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengatakan silaturahmi di momen bulan puasa Ramadaan ini lain sifatnya, karena ini bulan yang tepat untuk saling memaafkan, intospeksi, evaluasi, kontemplasi.

“Menjaga hubungan kita dengan Allah dan sesama yang penuh persaudaraan. Ukuwah islami, kebangsaan dan terutama insani kemanusiaan. Pak Gubernur Olly Dondokambey berharap provinsi dan kabupaten/kota saling bersinergi dan berjalan dengan baik. Index Human Development di Bolsel sudah makin mendekat,” kata Wagub Kandouw sembari menyentil soal apa yang ditanamkan oleh almarhum H Herson Mayulu sangat baik. Pembangunan di Bolsel sangat meningkat dengan peran Haji Oku semasa hidup, sehingga pembangunan jalan nasional bisa dirasakan warga Bolsel.
“Bahkan teringat saat bencana lalu anggaran turun di Bolsel hingga Rp450 miliar,” ungkap Wagub Kandouw.

Lanjutnya, momentum Ramadan bisa membuat gini ratio semakin kecil. Apa yang telah dilakukan Bupati dan Wabup Bolsel dengan upaya-upaya penetrasi langsung terhadap rakyat terkait BPJS Kesehatan. Sehingga rakyat juga merasa terlindungi saat bekerja.

Berlomba-lomba berbuat baik penting, tapi lebih penting lagi berlomba-lomba untuk berprestasi. Semoga hikmah Ramadan turut meningkatkan gelora persaudaraan tanpa adanya perbedaan kaya dan miskin, tua dan muda.

“Jadi Pak Bupati tolong juga disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbaik untuk membangun Bolsel ke depan. Mulai dari pendidikan dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi ataupun sekolah kedinasan. Jadi tingkatkan akademik anak-anak untuk menghadapi berbagai tes kedepan. Termasuk peran dari orangtua dan keluarga juga,” imbuh Wagub Kandouw.

Lanjut Steven Kandouw, saat pandemi covid-19, Bolsel bisa aman karena ditopang pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan sehingga mempengaruhi kemajuan perekonomian. “Intinya Bolsel On The Track,” ungkap Wagub Kandouw.

Menghadapi agenda politik ke depan, lanjut Wagub Kandouw, semua berjalan seperti biasanya. Mulai latihan penggunaan anggaran. “Selain itu KPU dan Panwas jangan terlalu boros. Kita hadapi semua ini dengan bersyukur kepada Tuhan. Semoga bisa merayakan hari kemenangan hingga perayaan ketupat nanti bisa dihadiri pak Gubernur,” kuncinya. Selanjutnya Wagub Kandouw menyerahkan bantuan Dinas Sosial provinsiĀ beras 800 kg diterima tiga perwakilan.

Dinas Pertanian dan Peternakan benih cabe 20 Ha, benih jagung 500 Ha, benih padi 500 Ha. Dinas koperasi bantuan vacum sealer untuk UKM 2. DisperindagĀ bantuan 50 kg gula pasir. Disnaker santunan jaminan kematian ahli waris Program Pesona kepada Ibu Umira Nento (Alm Ara Rajak) Rp42.000.000.

Selanjutnya Wagub Kandouw dan rombongan melanjutkan perjalanan safari Ramadan ke Kotamobagu dan Bolmong.

Turut hadir Sekdaprov Steve Kepel, para Asisten Setdaprov, Kaban BKD Clay J Dondokambey, Kadis PUPR Alex Wattimena, Kadis Kebudayaan Jani Lukas dan beberapa Kepala SKPD dan Staf Ahli. Juga Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Wabup Dedy Abdul Hamid, unsur pimpinan TNI dan Kepolisian serta tokoh agama dan masyarakat Bolsel.(ist/*)

 

 

Komentar