Tambah Libur, TTP 187 ASN Dipastikan Dipotong

Ratahan, KOMENTAR

Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai masuk kantor lagi pada Rabu (26/04), usai menjalani masa liburan dan cuti bersama selama sepekan dalam rangka hari Raya Idul Fitri. Ternyata masih ada yang menambah waktu libur. Akibatnya tunjangan tambahan penghasilan (TTP) untuk mereka dipastikan akan dipotong.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mitra, melalui Kepala Bidang Kinerja Aparatur, Billy Munaiseche SIP MSi menjelaskan, dari 1.369 ASN di lingkungan Pemkab Mitra, tercatat secara elektronik melakukan absensi adalah sebanyak 1.182 ASN.

ā€œBerdasarkan data ini maka berarti tingkat kehadiran ASN di hari pertama masuk kantor usai menjalani cuti bersama mencapai lebih dari 86 persen,ā€ katanya dalam wawancara dengan harian ini.

Dijelaskan Munaiseche, data absensi elektronik ini terekam melalui aplikasi JS-JL berprestasi, dengan tingkat akurasi yang maksimal. ā€œKecuali memang ada ASN yang tidak melakukan absensi secara elektronik lewat aplikasi itu sehingga tidak terdata atau terekam. Bisa saja memang tidak masuk kantor, terlambat absensi, atau faktor lain,ā€ ungkapnya.

Munaiseche membenarkan bahwa ada konsekwensi yang harus dijalani ketika tidak masuk kantor yang terindikasi lewat absensi elektronik tadi, yakni adanya pemtongan TTP khususnya dari komponen disiplin aparatur.

ā€œJadi pemberian TTP itu ada beberapa indikator dan komponen penilaian, antara lain komponen kinerja dan komponen disiplin. Kepada yang tak masuk kantor konsekwensinya adalah pemotongan TTP dari komponen disiplin,ā€ pungkasnya.

Diketahui, hari pertama masuk kantor usai libur sepekan dalam rangka Idul Fitri ini ditandai dengan apel bersama jajaran ASN yang dipimpin oleh Wakil Bupati Drs Jesaja JO Legi, didampingi Sekretaris Daerah, David Lalandos AP MM, dan dihadiri sejumpah pejabat Pemkab.(ftj)

Komentar