Reses, Kountur Dibanjiri Aspirasi Warga

Ratahan, KOMENTAR
Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjalani masa reses pertama di tahun 2023 ini. Agenda ini juga dilaksanakan oleh legislator Fraksi PDI Perjuangan yang juga Ketua Komisi I, Artly Kountur SH, Kamis (27/04), di Kecamatan Belang. Reses ini dimanfaatkan warga untuk menyampaikan sejumlah hal untuk diperjuangkan oleh Kountur.
Antara lain yang dikemukakan warga yakni soal infrastruktur, soal keberpihakan terhadap guru honorer, perhatian terhadap kaum disabilitas dan pemuka agama, serta terkait pendataan lahan sawah dalam kaitan dengan program perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP3B).
Termasuk juga yang dipaparkan adalah soal program pemerintah dalam hal perlindungan kepada semua warga lewat perlindungan dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Dalam kesempatan ini, Kountur menyampaikan, untuk persoalan infrastruktur harus dibedakan mana kewenangan pusat, kewenangan provinsi, kewenangan pemerintah Kabupaten, dan mana yang bisa dibiayai lewat Dana Desa. Dan sesuai penjelasan dari instansi teknis, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kecamatan Belang untuk Tahun Anggaran 2023 ini mendapatkan alokasi anggaran paling banyak terkait infrastruktur.
Demikian dengan perhatian terhadap kaum disabilitas, untuk pemuka agama dan guru honorer, Kountur mengutarakan untuk nanti memperjuangkannya lewat penganggaran di Pemkab Mitra. “Juga untuk permintaan bantuan alat pertanian, bersama dengan Dinas Pertanian kami akan coba memperjuangkannya sampai ke Kementerian lewat anggota DPR RI,” sebutnya.
Lanjut Kountur menjelaskan juga soal keberpihakan Pemkab dalam hal ini Bupati James Sumendap SH dengan mengikutsertakan dalam program perlindungan dari BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. “Dan ini sangat besar manfaatnya. Kalau saja ada yang belum masuk nanti akan kita pikirkan dan kaji bersama-sama apakah bisa dianggarkan lewat Dana Desa,” terangnya.
Dalam reses kali ini, Kountur melibatkan sejumlah instansi teknis antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Helga Mosey SIP, Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pertanian, Kepala Bidang Dinas PUPR, Kepala Bidang Dinas Sosial, dan Kepala BPP Belang. Reses ini dihadiri oleh Camat Belang, Munirah Bin Ali SE, para Hukumtua dan Ketua BPD se Kecamatan Belang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh generasi muda.(ftj)

Komentar