Sulut Paling Solid Menangkan Ganjar, SMRC : Ada Faktor Olly Dondokambey

Olly Dondokambey.

Manado, KOMENTAR-Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, membuktikan Sulut sebagai Propinsi paling solid memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukan dukungan terhadap PDIP di Sulut mencapai 60 persen. Untuk itu, Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung PDIP diyakini bakal meraih kemenangan mutlak di Propinsi Sulawesi Utara. Hasil survei SMRC PDIP Sulut meraih 66 persen merupakan tertinggi secara nasional.

Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan, sosok ketua DPD PDIP Sulut yang juga bendahara DPP PDIP, Olly Dondokambey menjadi salah satu faktor
yang membuat PDIP Sulut solid. “Olly memiliki pengaruh kuat kepada masyarakat untuk memilih PDIP, ” kata Saidiman.

Ia mengungkapkan, hasil survei itu mewakili 100 persen warga yang di agregasi dari data data survei sejak tahun 2020 sampai 2023.

“Memang pemilih PDIP di Sulut paling tinggi yaitu 66 persen. Saya kira wajar karna Sulut adalah basis PDIP selama ini. PDIP memang sangat kuat di sana (Sulut), selain Jawa Tengah dan Bali, ” ujar Saidiman.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei SMRC, partai Golkar berada di urutan dua pemilihan partai di Sulut dengan persentase 10 persen disusul Nasdem 5 persen, Gerindra dan PKS sama sama meraih 2 persen, partai Demokrat dan PAN 1 persen.

Seperti diketahui, soliditas dan militansi kader PDIP di Sulut membuat parta berlambang banteng moncong putih itu berhasil menguasai 14 kabupaten/kota di Sulut hasil Pilkada 2019.Atau menempatkan kadernya sebagai kepala daerah di 14 Kabupaten/Kota.

PDIP juga menguasai kurai DPRD Propinsi. Dari 45 kursi, PDIP meraih 18 kursi, disusul Partai Nasdem 9 kursi, Golkar 7 kursi,  Demokrat 4 kursi, Gerindra, PAN 2 kursi dan PKS,PKB, PSI 1 kursi.

Tidak hanya itu, PDIP menguasai perolehan kursi DPRD kabupaten/kota pada pemilu 2019 di Provinsi Sulut. PDIP berhasil mendapatkan kursi 121 atau sekitar 30,6 persen dari total 395 kursi yang diperebutkan.

Partai Golkar berada pada urutan kedua dengan jumlah kursi 71 atau 18 persen. Selisih kursi dengan PDIP cukup jauh. Di bawah Partai Golkar adalah Partai NasDem dengan jumlah kursi 55 atau 8,4 persen. Perolehan kursi PDIP, Golkar dan NasDem  cukup dominan. Ketiga partai tersebut berhasil mendapatkan kursi lebih dari 60 persen

Secara terpisah, Olly Dondokambey mengatakan hasil survei SMRC merupakan pencapaian yang diraih dengan tidak mudah. Selama ini, sesuai instruksi partai, Olly menegaskan seluruh kader, termasuk jajaran pengurus partai dari anak ranting sampai DPD terus bekerja keras.

“Ini buah dari semua kerja keras kader PDI Perjuangan. Segenap jajaran struktural partai dari DPD, DPC, PAC hingga anak ranting di Sulut, turun langsung ke tengah masyarakat sesuai arahan Ibu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri,” tegas Olly.

Dengan adanya hasil SMRC, menurut Olly, PDIP akan lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan peran-peran kerakyatan. Apalagi, kata dia, PDIP sudah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

“Hasil survei saat ini di Sulut akan lebih dari itu, terlebih dalam rangka pemenangan Bung Ganjar Pranowo,” ungkap Olly yang saat pengumuman pencapresan Ganjar Pranowo turut mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.(bly)

Komentar