Astaga!, ASN Pemkab Minahasa Belum Gajian

Tondano, KOMENTAR- ASN di Kabupaten Minahasa resah. Pasalnya gaji Mei 2023 kabarnya belum dibayarkan hingga saat ini. Pemkab Minahasa memang sering kali terlambat menyalurkan hak para Aperatur Supil Negara (ASN). Selain perangkat desa yang belum menerima tunjangan. Hak ASN berupa gaji dan tunjangan sering molor.

Padahal, seyognya gaji ASN sudah diterima ASN pertanggal 1 setiap bulannya. Faktanya, sampai saat ini ASN Pemkab MInahasa belum bisa menikmati haknya sebagai seorang abdi negara. “Hingga saat ini gaji belum masuk, ” ujar sejumlah ASN di salah satu SKPD. Mereka mengaku tidak mengetahui alasan keterlambatan pencairan gajinya. Keterlambatan itupun membuat keperluan rumah tangganya menjadi tertunda. “Untuk sementara ba pinjam doi dulu biar pake bunga, ” ujar mereka.

Belum diketahui penyebab keterlambatan pembayaran gaji ASN. Namun menurut, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD), Jois Pua, bahwa penyaluran gaji ASN tergantung usulan masing masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah). “BPKAD siap membayarkan ketika ada usulan dari OPD (bendahara). Jika berkasbya sudah lengkap hari itu juga bisa dicairkan ke rekening ASN melalui bank Sulut, ” ujarnya. Namun demikian, kata Jois, keterlambatan pembayaran gaji bisa saja karna ada verifikasi berkas di OPD seperti jika ada kebaikan gaji berkala dan verifikasi berkas lainya.(bly)

 

 

 

Komentar