Daftar Via Jalur Covid, 388 Siswa SMABIT Lulus 100 Persen

Bitung, KOMENTAR – Tahun 2023 ini, SMAN 2 Bitung menorehkan prestasi membanggakan. Sejarah ini terungkap dibalik prosesi penamatan siswa-siswi Kelas XII SMAN 2 Bitung, Senin 8 Mei 2023.

Para lulusan tahun 2023 ini tercatat sebanyak 388 siswa-siswi. Mereka adalah hasil rekrutmen manakala muncul bencana kemanusiaan yaitu peristiwa Covid 19 pertama terjadi di tahun 2021.

Kepala Sekolah Maxi Awondatu SPd MPd dalam sambutan laporannya menyampaikan, bahwa seluruh siswa dinyatakan lulus 100 persen.
“Pengumuman dilakukan lewat pengantaran langsung hasil ke tiap-tiap rumah siswa. Tujuannya tak lain untuk menghindari eksploitasi kegembiraan yang tidak pada tempatnya. Euforia Konvoi hanya mendatangan kerugian. Apa terlebih coret-mencoret seragam adalah perilaku tidak baik. Mak dari itu, alangkah baiknya Seragam kalian disumbangkan untuk adik-adil kelas yang tidak berkemampuan. Boleh begitu,” tanya Kepsek Awondatu.

Dan seketika langsung disambut suara koor para siswa lulusan kelas XII bersama orang tua mereka yang duduk rapi di petak tenda halaman upacara SMABIT, “Setujuuuu…!!!!”
Awondatu juga tak lupa mengapresiasi seluruh guru-guru SMABIT, khususnya kerja maksimal Plt Kepsek SMABIT sebelumnya Dr Dem Tandayu. ” Apa yang dicapai keluarga besar SMABIT saat ini tidak lepas dari kerja-kerja para rekan-rekan guru dan ditopang penuh pihak Komite Sekolah,” kata Awondatu, sosok tokoh pendidik yang sebelumnya pernah sukses membawa SMK TU MOU TOU Girian meraih sederet prestasi sebagai salah satu sekolah Penggerak terbaik di Lota Bitung ini.
Dia juga mengurai sederet prestasi SMABIT dalam kisah mereka selang 2 tahun terakhir ini. Diawali dari sukses menyumbangkan 16 siswa terlibat dalam anggota Paskibraka tingkat Kota dam Propinsi 2022 silam. Kemudian berkontribusi mengikutsertakan 11 siswa ke ajang Raimuna nasional Agustus mendatang, kemudian tampilnya
2 siswa ke ajang pertemuan pengurus PMI tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Lampung Juni mendatang. Berikutnya dan tergolong spektakuler yakni lolosnya 16 siswa di ajang seleksi lomba Akademic Science Bitung. Terakhir, saat ini 2 siswa SMABIT sedang mengikuti TC basket DBL di Jakarta.

“Ini merupakan tapakan awal adik-adik siswa dalam mengejar masa dpan. Tetap jaga disiplin diri termasuk berkomitmen dalam menyelesaikan sgala bentuk administrasi di sekolah saat ini,” kata Masri Kere, Ketua Komite SMABIT.

Motivasi serupa juga disampaikan Kepala abidang Pembinaan SMA Dikda Propinsi Sulut, Dr Sri Ratna Pasiak. “Disiplin diri adalah pondasi utama bagi adik-adik siswa. Jadilah pribadi yang kian dewasa dengan terus mengasah diri masing-masing. Apa terlebih dalam menyambut suasana persaingan di tingkat Perguruan Tinggi.

Perkuat terus mata rantai orang tua siswa dan pihak sekolah dengan tetap mengedepankan 3 prinsip dari 3 H yaitu; Hand (tangan/otot), Head (kepala/otak, Heart (hati)
Jgn hanya pintar kognitif tpi juga wajib memiliki akhlak, yang kesemuanya didasari realitas kehidupan masing-masing. Ini semua modal penting,” kata Pasiak, wanita birokrat berdarah Sangihe Talaud ini.

Saat acara penamatan turut pula diumumkan 12 siswa lulusan yang meraih nilai ujian di atas rata-rata. Diawali Rivaldo Milan Santos Kindangen (IPS 2), Lovely Meyti Tinangon (Bahasa), Chalvin Aldonov Dandel (IPS 1), Olvianti Hengkengbala (IPS 3), Meytah Maatilu (IPS 4), Anggraini Nurul Aini (MIPA 4), Venesa Tumiwa (MIPA 1), Vickram van Djanas (MIPA 2), Marcella Christina Homenta (MIPA3), Suci Amalia (MIPA4), Gabriella Rachel Abigael Tigauw (MIPA5) dan Pingkan Eunike Megumi Watung (MIPA6).

Memang sekolah ini banyak memiliki talenta-talenta muda berbakat. “Ini tantangan pihak sekolah untuk mampu memanas dengan baik potensi yang ada ini, butuh komitmen yang kuat dari semua pihak so pasti,” pungkas Dr Dems Tandayu.(*)

 

Komentar