Diserahkan Wabup RD, Pemdes Poopoh Dapat Bantuan Mesin Pertanian

Tondano, KOMENTAR- Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, menyerahkan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat, kepada Pemerintah Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Senin (08/05).

Diketahui, penyerahan alsintan berupa traktor roda empat, untuk dipinjam pakaikan kepada Pemerintah Desa Poopoh dalam rangka memberikan pelayanan pengolahan lahan pertani di wilayah Kecamatan Tombariri.

Dikesempatan itu, Wabup Robby Dondokambey mengatakan, untuk memperhatikan perkembangan adanya perubahan iklim yang mengarah pada elnino. Sehingga upaya peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura perlu dilakukan.

“Hal ini juga berhubungan dengan program Gubernur Sulawesi Utara yaitu mari jo bakobong. Dimana menjadi program prioritas Pemprov Sulut, yang perlu dukungan sepenuhnya dari semua pemerintah kabupaten dan kota,” katanya.

Sehubungan dengan program prioritas tersebut, lanjut Dondokambey, Pemkab Minahasa dan jajaran telah berupaya mewujudkan sinergitas dengan provinsi, khususnya bersama dinas pertanian dan peternakan.

“Dengan adanya sinergitas tersebut, saat ini sedang menggiatkan petani memanfaatkan secara optimal lahan pertanian yang dilaksanakan dalam bentuk penyerahan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat kepada Hukum Tua Desa Poopo,” ujarnya.

Dondokambey juga mengatakan, mengingat alsintan ini membutuhkan biaya operasional, maka sesuai pedoman teknis brigade alsintan dari Kementerian Pertanian. Bahwa biaya jasa operasional dibebankan pada setiap petani sebagai pengguna jasa. Namun besaran biaya jasa tersebut tidak melebih upah yang biasa diberlakukan di desa setempat.

“Pemegang traktor roda empat ini adalah perseorangan yang telah menandatangani perjanjian pinjam pakai. Dimana yang bersangkutan wajib melakukan perawatan dan memanfaatkan secara optimal traktor roda empat tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tombariri, David Suluh MSi, mengatakan bahwa alsintan ini sangat membatu para petani untuk mengelola lahan pertanian di wilayahnya, khsususnya Desa Poopoh.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Tombariri dan pribadi, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupat Minahasa, yang sudah memberikan alsintan kepada Pemerintah Desa Poopoh, untuk digunakan para petani,” ucap Suluh.(bly)

Komentar