Dibuka Wabup, 7326 Siswa SD dan SMP di Minahasa Ikut Ujian Sumatif Akhir

Tondano, KOMENTAR- Pelaksanaan ujian sumatif akhir jenjang (ASAJ) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kabupaten Minahasa diikuti 7.326 siswa. Pelaksanaan ujian akhir penentuan kelulusan ini akan berlangsung selama 5 hari dimulai Senin (08/05).

Di hari pertama pelaksanaan ujian tersebut, Wakil Bupati Robby Dondokambey membuka secara simbolis naskah soal ujian di SMP Negeri 4 Tondano sekaligus memberikan semangat dan motivasi kepada para pelajar peserta ujian.

“Sebelum mengerjakan soal ujian, jangan lupa untuk dahului dengan doa minta pertolongan Tuhan. Jangan gugup agar soal yang diberikan bisa dikerjakan sebaik mungkin,” kata Wabup kepada para siswa yang mengikuti ujian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tommy Wuwungan, S. PD, MM menjelaskan jumlah peserta USAJ untuk SD berjumlah 3.410 siswa/siswi terbagi di 340 sekolah. Untuk SMP, sebanyak 3.916 peserta yang terbagi di 103 Sekolah.

“Jadi total keseluruhan peserta ujian SD dan SMP berjumlah 7.326 siswa siswi yang tersebar di seluruh Minahasa,” ungkap Wuwungan

Wuwungan mengatakan, untuk SMP ujian akan berlangsung selama 5 hari mulai Senin hari ini hingga 12 Mei. “Hari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dan Budi Pekerti. Hari kedua Matematika dan PPKN dan hari ketiga Bahasa Inggris, IPS. Sedangkan hari keempat mata pelajaran IPA dan PJOK dan hari kelima Seni Budaya dan Prakarya, ” paparnya.

Untuk ujian SD, berlangsung selama empat hari mulai Senin hingga 11 Mei,” kata Wuwungan

Sementara untuk mata pelajaran ujian SD hari pertama, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Budi Pekerti. Hari kedua Matematika dan PPKN, hari ketiga IPA dan IPS, dan hari keempat Seni Budaya dan PJOK.

Turut mendampingi Wakil Bupati, Kadis Kominfo Maya Kainde, Kaban Kesbangpol Jani Moniung, Kasat Pol PP Alex Mamesah, Kadis Koperasi Siby Sengke, Kadis Capil Maidy Rengkuan, Kabag Prokopim Johnny Tendean, Kabag Pemerintahan Jean Sangari.(bly)

Foto.
Wabup RD Serahkan Bantuan Mesin Pertanian di Tombariri //jdl
Tondano-Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, menyerahkan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat, kepada Pemerintah Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Senin (08/05).

Diketahui, penyerahan alsintan berupa traktor roda empat, untuk dipinjam pakaikan kepada Pemerintah Desa Poopoh dalam rangka memberikan pelayanan pengolahan lahan pertani di wilayah Kecamatan Tombariri.

Dikesempatan itu, Wabup Robby Dondokambey mengatakan, untuk memperhatikan perkembangan adanya perubahan iklim yang mengarah pada elnino. Sehingga upaya peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura perlu dilakukan.

“Hal ini juga berhubungan dengan program Gubernur Sulawesi Utara yaitu mari jo bakobong. Dimana menjadi program prioritas Pemprov Sulut, yang perlu dukungan sepenuhnya dari semua pemerintah kabupaten dan kota,” katanya.

Sehubungan dengan program prioritas tersebut, lanjut Dondokambey, Pemkab Minahasa dan jajaran telah berupaya mewujudkan sinergitas dengan provinsi, khususnya bersama dinas pertanian dan peternakan.

“Dengan adanya sinergitas tersebut, saat ini sedang menggiatkan petani memanfaatkan secara optimal lahan pertanian yang dilaksanakan dalam bentuk penyerahan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat kepada Hukum Tua Desa Poopo,” ujarnya.

Dondokambey juga mengatakan, mengingat alsintan ini membutuhkan biaya operasional, maka sesuai pedoman teknis brigade alsintan dari Kementerian Pertanian. Bahwa biaya jasa operasional dibebankan pada setiap petani sebagai pengguna jasa. Namun besaran biaya jasa tersebut tidak melebih upah yang biasa diberlakukan di desa setempat.

“Pemegang traktor roda empat ini adalah perseorangan yang telah menandatangani perjanjian pinjam pakai. Dimana yang bersangkutan wajib melakukan perawatan dan memanfaatkan secara optimal traktor roda empat tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tombariri, David Suluh MSi, mengatakan bahwa alsintan ini sangat membatu para petani untuk mengelola lahan pertanian di wilayahnya, khsususnya Desa Poopoh.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Tombariri dan pribadi, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupat Minahasa, yang sudah memberikan alsintan kepada Pemerintah Desa Poopoh, untuk digunakan para petani,” ucap Suluh.(bly)

Komentar