Pj Bupati Maybrat Bernhard Rondonuwu Temui Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Bahas Pemulangan Eksodus

Jakarta, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Provinsi Papua Barat Daya Dr Bernhard E Rondonuwu SSos MSi didampingi Asisten II dan Kalak BPBD Maybrat menemui Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Jarwansah, di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (09/05).

Adapun maksud dan tujuan kunjungan Pj Bupati dan rombongan adalah untuk menyampaikan permohonan dukungan yang dapat diberikan sesuai dengan aturan BNPB, mengenai upaya Pemerintah daerah (Pemda) dalam pemulangan masyarakat eksodus di Kabupaten Maybrat.

“Pengungsian sudah masuk pada tahapan ketiga. Kesulitan yang kami hadapi, diantaranya pemenuhan logistik pengungsi dan petugas keamanan yang masih harus didorong. Kemudian ada jembatan yang telah dirusak terdahulu, sehingga memberikan kendala bagi masyarakat untuk dapat kembali ke kampung halamannya”, kata Pj Bupati Bernhard.

Bernhard Rondonuwu juga menambahkan saat ini kondisi kampung banyak yang sudah mulai tertutup oleh rumput liar, karena sudah lama ditinggali oleh masyarakat.

Merespon hal tersebut Jarwansah menyampaikan, bahwa laporan mengenai pemberian dukungan secara tertulis yamg pernah dikirimkan Pemda Maybrat terdahulu sudah diterima oleh pihaknya. Tentunya mengenai dukungan terhadap kasus di Maybrat akan dilaporkan ke Menteri Polhukam dan Kepala BNPB.

Ditambahkan juga, pihaknya lebih condong dapat memberikan bantuan kepada pengungsi, seperti makanan dan shelter. Sedangkan berkaitan dengan perbaikan infrastruktur, seperti jembatan harus dirapatkan kembali dan di kaji secara secara matang.(ist/*)

 

 

Komentar