Tidak Ada Nama James Rawung dan Piere Makisanti Didaftar Caleg PDIP Minahasa

Piere Makisanti.

Tondano, KOMENTAR- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mendaftarkan 35 nama Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacalaeg) mereka di KPU Minahasa, Kamis (11/05).

Dari deretan nama calon legislatif, ternyata tidak ada 2 nama incumben yakni, James Rawung dan Piere Makisanti. Diketahui, PDIP Minahasa mengakomodir 15 nama incumben dalam daftar bakal caleg termasuk 2 incumben dari partai Nasdem dan Demokrat yang pindah PDIP.

“Kewenangan mengusung calon legislatif itu ada di DPP. Kami (DPC) hanya menyiapkan figur figur bakal caleg, ” ujar Ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey, Kamis (11/05).

Menurut RD, untuk Pier Makisanti memang tidak diusung di Pileg DPRD Minahasa. Namun Ia diakomodir di tingkat Propinsi dapil Minahasa-Tomohon.

“Piere Makisanti diplot sebagai caleg DPRD Propinsi,” ucap RD pada sejumlah wartawan.

Sementara itu, nama James Rawung menghilang dari daftar caleg dapil 2, karna mantan ketua DPRD itu bakal diplot jadi sekertaris partai. PDIP memang menerapkan aturan jabatan sekertaris partai tidak bisa ikut pileg dan harus fokus urus partai.

Kendati demikian kata RD, masih ada evaluasi terhadap bakal caleg yang diusung termasuk uji publik. Sehingga komposisi caleg yang didaftar ke KPU belum final dan bisa berubah.

“Masih ada evaluasi bahman di bulan Agustus ada uji publik. Jadi bisa ada yang dievaluasi, ” ujarnya.

Diketahui, pada Pileg 2019 lalu, Piere Makisanti salah satu pendulang suara PDIP di dapil Tondano Raya. Menantu mantan bupati Minahasa Jantje W Sajow (JWS) itu berhasil meraupĀ  3.228 suara dan melenggang mulus ke gedung Manguni sebutan akrab kantor DPRD Minahasa.

Khusus di dapil 1 (Tondano raya) PDIP memang tidak kehilangan kader potensil. Meski tidak mengusung Makisanti namun partai moncong putih ini memiliki sederet nama baru yang tidak kalah menterang seperti Billy Waleleng dan Refly Ngantung yang elektabilitas mulai meningkat.

Sedangkan, di dapil 2, PDIP juga tidak kehilangan figur meski tak mengakomodir James Rawung. Ada nama, mantan hukum tua Rio Rindengan dan pengacara muda Marvil Rawung.(bly)

Komentar