Pj Bupati Maybrat Hadiri Rakor Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024

Maybrat, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard Rondonuwu SSos MSi menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) penanganan pelanggaran pemilu tahun 2024 bersama stakeholder Kabupaten Maybrat, di Aula Samusiret Kumurkek, Selasa (16/05.
Turut hadir Asisten I Sekda Maybrat Dra Yohana Iek MSi, Asisten III Manase Kareth SE, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Ellias Idie,
Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Sorong Eko Nuryanto SH MH, Ketua Bawaslu Kabupaten Maybrat Samuel Way SE, Kordiv Pengawasan PHI dan Humas Farli Sampetoding Regoy SPi, Kordiv P3S Topan Baho,
Kabag Ops Polres Maybrat AKP Piket Sembiring, Kanit Tipikor Polres Maybrat Ipda Rahmat Agus,
9 Orang Ketua PPD dan 45 Orang Panwas Distrik

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Ellias Idie menyampaikan arahan-arahan umum yang akan di kerjakan oleh Bawaslu sebenarnya sebagai pelaksana pengawasan tantangan Bawaslu Maybrat, merekomendasikan dua laporan kemudian dalam proses itu reel potensi pelanggaran terlalu banyak.
Bahwa banyak problem bagaimana pelangaraan itu dilaporkan tugas- tugas Bawaslu, ada temuan pengawasan tantangan kita. Misalnya pelanggaran dilaporkan padahal faktnya prakter lebih jauh banyak operasi tetapi selama ini grafik grafik itu dari sisi laporan

Banyak masyarakat megevaluasi sangat beda dibandingkan jauh evaluasi yang sesuai dengan fakta problem perbuatan potensi yang melanggar dengan kondisi buruk kita ada potensi pola khusus di wilayah timur

Bahwa problem dilema ini yang kemudian problem-problem keterbatasan kita tidak memahami atau masyarakat tidak memahami atau membiarkan kondisi ini semakin parah.

Bawaslu ada 2 (dua) laporan tindak pidana pemilu yang ditangani oleh Bawaslu Maybrat:
-1 (satu) laporan diputus bebas oleh pengadilan.
– 1 (satu) laporan lainnya yang direkomendasikan oleh Bawaslu Kabupaten Maybrat untuk dilakukan penyelidikan dinyatakan dihentikan oleh Gakumdu.

Sementara Ketua Bawaslu Maybrat menyampaikan tugas dan wewenang, melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah Kabupaten/kota terhadap pelangaran pemilu dan penindakan di wilayah kabupaten kota.
Mengawasi pelaksanaan tahapan penyelengaraan pemilu di wilayah kabupaten/kota.
Mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralisasi semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam UU. Mengawasi pelaksanaan putusan/ keputusan.

Sementara Pj Bupati Maybrat memohon maaf atas keterlambatan, karena ada beberapa agenda hari ini. Tadi pagi saat apel pagi juga, sudah bahas terkait ASN yang berpartisipasi dalam pemilu. Saat ini pada kegiatan ini juga Bawaslu kembali mengingatkan.
Dikatakan Pj Bupati, agenda penyelenggaraan pemilu sudah mulai berjalan, mulai tahun ini sangat penting kita sebagai aparat sipil negera. Tentunya mendukung agar pemilu berjalan dengan lancar dan aman.
Tugas aparatur sipil negara mengabdi untuk masyarakat juga bertugas melayani masyarakat. “Jadi apabila saya mendapati jajaran saya ASN Maybrat ikut berpartisipasi dalam pemilu 2024 akan kita serahkan kepada pihak yang berwenang,” kata Rondonuwu.

Tahapan pemilu sudah jalan, pemerintah daerah Kabupaten Maybrat tentunya sangat mendukung setiap langkah yang dilakukan, baik dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Maybrat.

Pemerintah sudah memberikan hibah kepada KPU dan Bawaslu, karena ini adalah angenda penting negara yang harus dijalankan dengan baik. “Kami Pemda Maybrat mendukung penuh seluruh proses penyelenggaraan pemilu 2024 di Kabupaten Maybrat,” terang Rondonuwu.

Lanjutnya, pemerintah harus mendukung dan harus bersama- sama memberikan pemahaman pada masyarakat untuk mengunakan tata cara pelaksanaan pemilu yang benar dan baik. Akan tetapi tidak boleh terlibat secara langsung.

Pemerintah daerah bersama TNI/Polri dan semua pihak berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam tahapan-tahapan pemilu 2024, agar dapat berjalan dengan aman lancar dan damai.(ist/*)

Komentar