Pj Bupati Maybrat Lakukan Pertemuan dengan BPS Provinsi Papua Barat

Maybrat, KOMEMTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard Rondonuwu SSos MSi melakukan pertemuan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat, di ruang kerja bupati, Selasa (16/05).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Kabupaten Sorong Selatan Eliza Izaac Pattikawa SE, Plt BPS Provinsi Papua Barat, Johannis Lekatompessy SE, Penugasan Fungsional APBN Muda/PPK BPS Provinsi Papua Barat Maimun SST MStat, serta
Kepala Dinas Statistik dan Persandian Manfret Matte SE.

Pj Bupati Maybrat melalui Kadis Statistik dan Persandian Manfret Matte SE menyampaikan kesediaan untuk menyiapkan kantor sementara bagi BPS Sorong Selatan yang akan berkantor di Kabupaten Maybrat di lingkungan Kantor Bupati.
Hal ini diputuskan karena untuk pembangunan kantor sementara sedang dianggarkan. Pj Bupati Maybrat menyampaikan kesulitan dalam menghimpun data-data statistik terkait pemerintahan, pembangunan dan pemasyarakatan di Kabupaten Maybrat, bahkan ada sekitar 5 kampung di wilayah Maybrat yang masih belum terdata.
Dengan adanya BPS Kabupaten Maybrat, Pj Bupati Maybrat mengharapkan, agar daerah kita tidak tertinggal dengan kabupaten lain terkait pendataan.

Pj Bupati Maybrat juga menyampaikan kepada tim dari BPS untuk tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keamanan di Maybrat. Untuk saat ini, keadaan sudah sangat kondusif. Pihak TNI dan Polri juga sudah menyatakan kesiapannya untuk mendampingi dan mengamankan giat pendataan di wilayah Kab Maybrat.
Pada pertemuan ini, tim dari BPS menyampaikan bahwa pada tanggal 1 Juni 2023, akan mulai diadakan kegiatan Sensus Pertanian Tahun 2023 yang rencananya berlangsung selama satu bulan dengan petugas pencacah sebanyak 70 orang.

Kegiatan sensus ini meliputi pendaftaran dan pendataan lengkap kepada seluruh usaha yang bergerak di bidang tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan. Pj Bupati Maybrat menyambut baik rencana kegiatan tersebut dan menghimbau kepada Tim BPS untuk koordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Maybrat, agar dapat disiapkan agenda penyambutan.

Pj Bupati Maybrat juga menyampaikan harapan, agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan mencapai target 100 persen dari seluruh indikator keberhasilan.(ist/*)

 

Komentar