Delapan Kali Berturut-turut JS Bawa Mitra Raih WTP

Ratahan, KOMENTAR

Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).
Yang terbaru adalah atas LKPD Tahun Anggaran 2022 yang kembali mendapatkan opini WTP dari BPK yang artinya merupakan WTP kedelapan yang secara beruntun diperoleh Kabupaten Mitra sejak kepemimpinan James Sumendap SH MH selama hampir 10 tahun sebagai Bupati.
Opini WTP disebut dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK atas LKPD Tahun Anggaran 2022 yang diaerahkan secara serentak semua Kabupaten/Kota se Sulut pada Senin (15/05). LHP ini diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Sulut, Arief Fadillah SE, MM, CSFA.
LHP diterima Bupati yang diwakili Wakil Bupati, Drs Jesaja JO Legi, bersama Ketua DPRD, Marty Mareyke Ole SMn MSi. Turut mendampingi adalah Inspektur Kabupaten Mitra, Dra Marie Makalow, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah, Dr Mecky Tumimomor SE MSi.
“Di penghujung kepemimpinan saya sebagai Kepala Daerah, inilah persembahan saya untuk rakyat Kabupaten Mitra. Semoga ini menjadi kado juga untuk Hari Ulang Tahun Kabipaten Mitra 23 Mei ini,” ungkap Bupati.
JS memimpin Kabupaten Mitra sejak September 2013. Di sisa tiga bulan lebih kepemimpinannya itu, JS berhasil membawa Kabupaten Mitra keluar dari opini disclaimer sebagai penilaian paling rendah dari BPK, meskipun pada tahun itu Kabupaten Mitra baru bisa mendapatkan opini tidak wajar. 2014 pada saat full kepemimpinannya, Kabupaten Mitra mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian, atau setingkat lebih baik lagi.
Dan mulai tahun 2015 sampai dengan 2022, Kabupaten Mitra secara beruntun mendapatkan opini WTP. Prestasi Mitra ini kemudian diganjar dengan berbagai penghargaan utamanya dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan.
Turut hadir dalam penyerahan LHP pada Senin itu anggota VI BPK RI, Dr Pius Lustrilanang SIP MSi CSFA CFrA, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dan Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen.(ftj)

Komentar