Lima Komisioner KPU Sulut Periode 2023-2028 Dilantik, Kenly Poluan Jabat Ketua

Manado, KOMENTAR-

Lima orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut periode 2023-2028 resmi dilantik oleh KPU RI, Rabu (24/05).

5 komisioner KPU Sulut yang dilantik yakni, Kenly Poluan, Meidy Tinangon, Awaludin Umbola, Salman Saelangi dan Lanny Anggriany Ointu. Mereka dilantik bersamaan dengan pelantikan komisioner 19 provinsi lain.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan terhadap lima anggota KPU terpilih dipimpin secara langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta.

Sementara itu, Kenly Poluan terpilih menjadi Ketua KPU Sulut periode 2023-2028 lewat rapat pleno internal 5 komisioner yang dilaksanakan usai pelantikan.

Rapat pleno pemilihan ketua tersebut berjalan lancar dan semuanya mencapai satu kesepakatan. Yakni memilih Kenly Poluan sebagai Ketua.

Kelima komisioner KPU Sulut pun sepakat dapat bekerja tim atau team work untuk suksesnya pelaksanaan Pemilu di daerah Nyiur Melambai ini.

Terpilihnya Kenly Poluan sebagai ketua KPU memang sudah diprediksi sebelumnya. Ia memang figur kredibel dan bukan orang baru di lembaga penyelenggara kepemiluan. Ia pernah menjabat Ketua Bawaslu Sulut.

Rapat pleno internal juga sekaligus dilakukan pembagian penanggung jawab divisi (selengkapnya lihat grafis)

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, dalam sambutannya mengingatkan makna sumpah/janji yang dibacakan mengandung tanggungjawab kepada diri sendiri, masyarakat, keluarga dan Tuhan.

‚ÄúAnggota KPU Provinsi yang dilantik harus memegang teguh aturan, kode etik, kerja profesional dan memperdalam pengetahuan kepemiluan selain pengalaman‚ÄĚ, ujar Hasyim.

Hasyim juga berpesan supaya KPU Provinsi yang dilantik segera beradaptasi dengan tahapan yang telah berjalan, menyamakan visi, misi sesama anggota dan Sekretariat serta menjalin hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal.

Setelah sumpah/ janji, lima anggota KPU Sulut akan mengikuti orientasi tugas yang dilaksanakan pada tanggal 24-30 Mei 2023 di Resimen Induk Daerah Militer Jaya/Jayakarta (Rindam Jaya) Jakarta.(bly)

Adapun susunan penanggung jawab Anggota KPU Sulut periode 2023-2028 :

1.    Kenly Meydy Poluan
Ketua Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik
Wakil Divisi Perencanaan, Data dan Informasi

2.    Meidy Yafeth Tinangon
Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan
Wakil Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM

3.    Lanny Anggriany Ointu
Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi
Wakil Divisi Teknis Penyelenggaraan

4.    Salman Saelangi
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan
Wakil Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik

5.    Awaluddin Umbola
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM
Wakil Divisi Hukum dan Pengawasan

Komentar