Sekda Buka Sosialisasi e-BMD

Ratahan, KOMENTAR

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), David H Lalandos AP MM didampingi Asisten III Sekdakab Bidang Administrasi Umum, Ir Elly Sangian ME membuka kegiatan Sosialisasi Penatausahaan Barang Milik Daerah (BMD) melalui aplikasi Elektronik BMD atau e-BMD, dan penatausahaan persediaan melaui Sistem Informasi Aplikasi Persediaan (SUAP-JSJL). Kegiatan tersebut digelar Senin (29/05) kemarin. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Mitra, Dr Mecky RT Tumimomor SE MSi melalui Kepala Bidang Pengeloaan BMD, Enrico Sarilim SH dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 47 tahun 2021. 

“Tujuannya adalah untuk melakukan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan BMD. Kegiatan ini diikuti oleh para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, pengurus barang serta pembantu pengurus barang, dan dilaksanakan selama tiga hari sampai dengan 31 Mei mendatang,” terangnya. 

Enrico menyampaikan, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari unsur Kemendagri, unsur akademisi dalam hal ini lembaga pengkajian dan penerapan ilmu administrasi Universitas Indonesia, serta tim pengelolaan BMD pada BPKPD Mitra. 

Sementara itu, Sekda dalam sambutannya mengatakan, pada prinsipnya aplikasi dibuat untuk membantu pekerjaan. “Dan permasalahan yang sering muncul terkait penggunaan aplikasi adalah adanya ketidakcocokan pencatatan antara aplikasi dan persediaan secara fisik,” katanya. 

Oleh karena itu, Sekda berharap agar aplikasi atau fasilitas-fasilitas yang disediakan dipergunakan sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi perbedaan laporan. “Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfatkan sebaik mungkin sehingga penatausahaan barang milik daerah Kabupaten Mitra dapat dilaksanakan dengan baik,” sebutnya.(ftj)

Komentar