Pj Bupati Lepas Petugas Sensus Pertanian, Pemkab Maybrat Fokus Penanggulangan Kebutuhan Pangan

Maybrat, KOMENTAR- Penanggulangan kebutuhan pangan menjadi fokus utama Pemerintah Kabupaten Maybrat dalam 2 tahun terakhir.
Karena itu, Selasa (30/05) dalam upaya untuk mengumpulkan data dan informasi yang akurat mengenai sektor pertanian, Pj Bupati Dr Bernhard E Rondonuwu, SSos MSi memimpin Apel Siaga dan Pelepasan Petugas Sensus Pertanian 2023 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Maybrat pada pukul 09.20 waktu setempat.

Apel dimulai dengan persiapan peserta, Pj Bupati Maybrat memasuki lapangan apel serta penghormatan kepada pembina apel. Dalam amanatnya, Pj Bupati Maybrat menekankan pentingnya melaksanakan sensus pertanian dengan baik dan akurat.

Dikatakan Pj Bupati bahwa Sensus Pertanian 2023 merupakan langkah penting dalam memperoleh informasi yang diperlukan untuk merumuskan kebijakan strategis dalam sektor pertanian. Data yang akan dikumpulkan akan menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan pertanian yang berkelanjutan di Kabupaten Maybrat.

Pj Bupati juga menekankan bahwa dengan persiapan yang matang, dirinya yakin bahwa pelaksanaan ST 2023 di Kabupaten Maybrat dapat berjalan dengan lancar, dan mampu mengatasi permasalahan yang muncul, serta mencapai target yang telah dipersiapkan.

Berdasarkan laporan Kepala BPS Kabupaten Sorong Selatan Eliza Izaac Pattikawa SE Sensus Pertanian 2023 di Kabupaten Maybrat akan berlangsung selama 60 hari. Dengan petugas berjumlah 76 orang, kegiatan pencacahan akan dilakukan di 24 distrik, 259 kampung, dan 1 kelurahan yanga ada di Kabupaten Maybrat.

Data yang terkumpul akan digunakan untuk menyusun program dan kebijakan yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani, dan mendorong diversifikasi sektor pertanian. Izaac juga menyampaikan bahwa seluruh pembiayaaan pelaksanaan ST 2023, berasal dari DIPA BPS Kabupaten Sorong Serlatan Tahun 2023.

Sensus Pertanian 2023 diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi pertanian di Kabupaten Maybrat, memfasilitasi perencanaan strategis yang tepat, dan mengidentifikasi peluang pengembangan sektor pertanian di masa depan. Dalam kegiatan apel juga dilaksanakan pelepasan secara langsung petugas Sensus Pertanian 2023 dan Penandatanganan dukungan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 oleh Pj Bupati Maybra.(ist/*)

Komentar