ODSK Sabet Tiga Penghargaan, Dalam Anugerah BKN Award 2023

Sulut, KOMENTAR- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) kembali mendapat pengakuan
nasional karena dinilai terbaik dalam manajemen ASN dan pengelolaan kepegawaian daerah.

Tiga penghargaan diborong sekaligus dalam Anugerah BKN Award 2023. Penghargaan diberikan kepada Gubernur Sulut diwakili Kepala BKD Provinsi Sulut, Clay Dondokambey dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/05).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesempatan itu memberikan arahan agar pemerintah daerah melakukan agile bureaucracy atau birokrasi yang lincah dan cepat.

ā€œSalah satu fakta keberhasilan birokrasi yang agile dengan balutan transformasi teknologi informasi adalah dalam bidang pengelolaan
Kepegawaian Daerah, yang diakui oleh instansi pembina pengelolaan kepegawaian nasional yakni Badan Kepegawaian Negara,ā€ katanya.

Pengakuan akan manajemen ASN dan pengelolaan kepegawaian daerah yang mumpuni, lincah dan cepat serta telah terdigitalisasi oleh BKN menghantar Pemprov Sulut meraih tiga penghargaan yaitu:

1. Terbaik 1 Kategori Implementasi Penerapan Pemanfataan Dataā€“Sistem Informasi dan CAT.

2. Terbaik 3 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja.

3. Terbaik 4 Kategori Pengembangan Kompetensi.

Atas keberhasilan itu, Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey menyampaikan kebanggaan terhadap kepemimpinan OD-SK yang terus memacu pencapaian Visi ā€œMenjadikan Sulut Maju dan Sejahtera Sebagai Pintu Gerbang Indonesia Ke Asia Pasifikā€, melalui Misi Kesatu, yaitu peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara, terutama dalam kualitas SDM aparatur, serta melalui Misi Kelima, yaitu pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas daerah.

Clay menjelaskan bahwa Anugerah BKN Award ini adalah momentum, dimana Pemprov Sulut telah mewujudkan kesatuan pendayagunaan aparatur negara yang berkualitas bersamaan dengan manajemen kepegawaian profesional dalam bingkai good governance and clean government yang diliputi dengan semangat bersinergi antar pemerintahan dalam wilayah Sulawesi Utara.

ā€œDorongan, dukungan dan sinergitas yang dibangun dalam pengelolaan kepegawaian pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan manajemen kepegawaian yang transformatif menuju manajemen yang berbasis digital telah menunjukkan hasil, dimana pada acara ini, pula beberapa pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara juga masuk dalam nominasi dan menjadi terbaik pada beberapa kategori,ā€ sebutnya.

Ia melanjutkan, pencapaian ini pula tidak terlepas dari kinerja pembinaan dari Kantor Regional XI BKN Manado kepada Pemprov Sulut, beserta kabupaten dan kota di wilayah Sulawesi Utara serta secara keseluruhan dalam wilayah kerja Kanreg XI BKN.

Sebelum penghargaan tingkat Nasional oleh BKN, BKD Provinsi Sulut juga telah menerima Penghargaan dari Kantor Regional XI BKN Manado terhadap pencapaian terbaik akan Penerapan Manajemen kinerja serta dalam Perencanaan kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.(ist/*)

 

Komentar