Perwakilan Cabang PYCH Maybrat Bertemu Pj Bupati Bernhard Rondonuwu

Maybrat, KOMENTAR- Perwakilan Cabang Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Maybrat bertemu Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard E Rondonuwu SSos MSi di Kantor Bupati, Rabu (31/05).

Pj Bupati Maybrat menyampaikan harapannya kepada generasi muda yaitu anggota PYCH, bahwa mereka harus memiliki keyakinan akan terjadi perubahan di masa depan.
Pj Bupati menyoroti kearifan lokal sebagai filter untuk kemajuan daerah, namun juga harus dapat mendorong keinginan diri, agar kabupaten ini bisa lebih terbuka sehingga kemajuan dapat tercapai dengan lebih cepat.

Pj Bupati Maybrat menekankan beberapa kunci penting dalam mencapai kemajuan, termasuk sikap terbuka, inovasi, dan keyakinan bahwa perkembangan pasti akan terjadi. Pj Bupati mengakui bahwa anggota PYCH, terutama pemuda yang jelas memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi daerah ini, sehingga dapat lebih mengerti akan potensi di daerahnya ini.

Dalam pertemuan tersebut, Spenyer Naa SPd sebagai ketua PYCH Maybrat, melaporkan beberapa hal terkait hasil koordinasi mereka dengan salah satu Staf Ahli Presiden Bung Billy Mambrasar, untuk fokus pada pengembangan kacang tanah sebagai komoditi unggulan dari Kabupaten Maybrat. Mereka berencana menguji kacang tanah menjadi selai kacang dan sudah menjalin kerjasama dengan gerai retail terbesar di Indonesia, seperti Indomart dan Alfamart yang sudah mulai banyak tersebar di kota sorong.

Menanggapi ide tersebut, Pj Bupati Maybrat memberikan contoh awal tentang pentingnya meningkatkan penampilan produk seperti kacang, yang dapat meningkatkan nilai jualnya secara signifikan.
Pj Bupati juga menyebutkan adanya program pemberdayaan yang fokus pada Mama Papua sebagai pengrajin topi dan noken khas Maybrat yang juga bisa di kembangkan serta pemuda kreatif seperti anggota PYCH. Dia mengusulkan mencari tempat strategis untuk melaksanakan program ini difokuskan untuk di daerah Maybrat dulu.

Pj Bupati Maybrat juga mendorong anggota PYCH untuk memanfaatkan dunia digital. Mengingat pentingnya media sosial dalam pemasaran produk saat ini. Pj Bupati menyoroti pentingnya pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk pertanian. Selain itu, dia memberikan saran juga untuk dapat mengembangkan sektor peternakan dan jasa. Misalnya dengan membuka kafe di tempat-tempat wisata yang sudah tersedia di kabupaten ini.

Terakhir, Pj Bupati Maybrat menekankan pentingnya konsolidasi, bahwa pertemuan ini tidak boleh hanya menjadi pertemuan sekali ini, tetapi harus diikuti dengan langkah dan tindakan yang berkelanjutan.

Pj Bupati Maybrat yakin dengan keterlibatan pemuda Maybrat, seperti anggota PYCH ini mampu turut berkontribusi menjadikan kabupaten ini semakin maju dan berkembang.(ist/*)

 

Komentar