Pemkab Maybrat Terima Bantuan Sembako dan Bibit Babi Ternak dari Kemensos RI

Maybrat, KOMENTAR- Pemerintah Kabupaten Maybrat menerima bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), berupa bantuan sembako dan bibit babi ternak.
Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Kantor Bupati Kabupaten Maybrat selepas Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06).

Acara penyerahan bantuan dihadiri oleh Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard E Rondonuwu SSos MSi dan Ketua Klasis Aifat. Dan, bantuan ini diterima langsung oleh Pj Bupati Maybrat dan Ketua Klasis Aifat.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Adrianus Alla, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ibu Menteri Sosial Dr Ir Tri Rismaharini MT yang sedang melakukan kunjungan ke Jayapura dan Merauke. Adrianus berharap pada kesempatan berikutnya, Menteri Sosial dapat mengunjungi Kabupaten Maybrat.

Adrianus Alla juga menjelaskan bahwa kehadiran mereka sebagai perwakilan pemerintah pusat adalah bentuk kepedulian negara terhadap Kabupaten Maybrat.

Kesempatan tersebut, Pj Bupati Maybrat menyambut dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Bapak Adrianus Alla. Pj Bupati juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Maybrat terus berupaya dalam pemulangan pengungsi. Tahap pertama pemulangan telah dilakukan dari Kampung Sorry hingga Kampung Tahsimara.

Dan, tahap selanjutnya akan dilakukan pemulangan dari Tahsimara hingga Kampung Ayata. Pj Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, agar jaringan telekomunikasi di sekitar wilayah Ayata hingga Aisa segera dihidupkan kembali.

Selain itu, berbagai kendala terkait jalan juga sedang diupayakan untuk dibuka kembali. Pj Bupati mengharapkan dukungan dari semua instansi terkait, termasuk TNI/Polri, dalam upaya pemulangan dan penanganan bencana di Kabupaten Maybrat dapat terus berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan terdiri dari bibit anakan babi sebanyak 1.400 (tersedia 50) ekor, pakaian sebanyak 1000 pasang, beras sebanyak 14.120 kg, peralatan dapur sebanyak 100 paket, bumbu siap pakai sebanyak 120 kg, ikan asin sebanyak 200 kg, mie instan sebanyak 1.412 kardus, ikan sarden kaleng sebanyak 2.824 kaleng, dan ketela sebanyak 100 kg.
Penyaluran bantuan ini akan di koordinasikan oleh Klasis Aifat kepada masyarakat yang berdomisili di Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya, dan penyerahannya akan dilakukan segera setelah acara penyerahan bantuan ini disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kementerian Sosial.

Selain itu, Adrianus Alla juga menyampaikan tentang dukungan dari Kemensos RI terkait rencana program pengembangan komoditas unggulan di Kabupaten Maybrat, yaitu kacang tanah. Adrianus Alla berharap dapat bekerja sama dengan Pj Bupati dalam mensukseskan program-program Kementerian Sosial RI dan meminta dukungan terkait data yang diperlukan untuk pertanggungjawaban penyaluran bantuan.(ist/*)

Komentar