Bupati ROR Irup Upacara Hari Lahir Pancasila  

Tondano- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023, yang ditandai dengan Upacara Bendera, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Minahasa, Kamis (01/06) pagi.

Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat tertulis Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Ia menyampaikan bahwa, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman, sekaligus sebagai bintang penuntun yang memandu kehidupan bangsa mewujudkan masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

“Setelah berhasil melewati masa kritis Covid-19 kedepan kita akan mewujudkan Indonesia emaa 2045 dan impian Indonesia 2085, menjadi bangsa yang memiliki SDM yang kecerdasannya melebihi bangsa-bangsa lain di dunia. Menjadi negara yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, masyarakat dan penyelenggara negara yang terbebas dari perilaku korupsi, terbangun infrastruktur merata di seluruh Indonesia, menjadi negara yang mandiri dan paling berpengaruh di Asia Pasifik serta menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” ujarnya.

Dilanjutkannya, bahwa angka stunting masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan WHO yaitu 20%, saya mengajak seluruh komponen masyarakat bergotong royong menurunkan angka Stunting.

Pada peringatan hari Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai yang terkandung didalamnya.

“Saya menyampaikan terimakasih dan penghormatan yang setinggi tingginya kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Pancasila yang sudah kita nikmati sampai saat ini,” tutup Bupati ROR.

Upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ini sendiri dihadiri segenap jajaran Pemkab Minahasa, Forkopimda Minahasa dan undangan lainnya.

(bly)

Komentar