Mapalus Evolusi Langit Biru, Program Jitu UP3 Luwuk Tingkatkan Keandalan Listrik

Luwuk, KOMENTAR. Perbaikan dan pengembangan sistem kelistrikan sudah menjadi keharusan bagi PLN sebagai penyedia tenaga listrik di Indonesia. Hal ini pula yang melandasi berbagai program pengembangan kelistrikan sesuai dengan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). Berbagai upaya pengembangan ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan keandalan listrik di setiap daerah, sehingga pelanggan dapat merasakan manfaat penuh dari penggunaan listrik.

Salah satu teranyar, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Luwuk me-launching program ‘Mapalus Evolusi Langit Biru’ sebagai upaya peningkatan keandalan listrik di daerah layanan PLN UP3 Luwuk. Program ‘Mapalus Evolusi Langit Biru’ merupakan program yang secara unik digagas oleh Manajer PLN UP3 Luwuk, Artika Hadi di mana terdapat 2 program unggulan yaitu Evolusi dan Langit Biru.

Efektivitas Variasi Solusi Efisiensi (Evolusi) merupakan langkah peningkatan perbaikan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) Operasi Sistem Tenaga ListrikĀ  dan Pengawasan dan Penertiban Tenaga Listrik (P2TL) sehingga pengawasan dan pelaksanaan pekerjaan di lapangan semakin efektif dalam menurunkan susutĀ energi listrik.

Sedangkan program ‘Langit Biru’ merupakan sebuah upaya peningkatan keandalan jaringan listrik dengan sebuah komitmen seluruh pelaksana dari petugas lapangan hingga manajemen berupa perbaikan dan modifikasi konstruksi, pemasangan alat, penebangan pohon, dan pemeliharaan ROW. Dengan slogan ‘Yang Terlihat di Atas Jaringan Tegangan Menengah Hanya Ada Langit Biru’, PLN UP3 Luwuk berkomitmen untuk meminimalisir segala kemungkinan adanya gangguan pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM).

“Tentu saja kami merancang program ini sesuai dengan karakteristik jaringan kelistrikan yang ada di Luwuk Banggai sehingga mampu mencegah berbagai situasi yang berpotensi menimbulkan gangguan,” ungkap Hadi.

Dalam pelaksanaan program ‘Mapalus Evolusi Langit Biru’, petugas PLN secara gotong royong dari beberapa Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan Mitra Kerja melakukan penggantian komponen Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang sudah outdate/kuno ke komponen yang lebih modern dan rapi, memasang penghalang burung di beberapa titik trafo distribusi, melakukan pemangkasan pohon yang mendekati JTM, hingga melakukan pengecekan kubikel dan kWh meter secara rutin pada pelanggan daya besar yang ada.

Beberapa kabupaten menjadi target pelaksanaan program ini, antara lain wilayah Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Tojo Una-una, dan Sebagian Kabupaten Morowali Utara. PLN UP3 Luwuk menerjunkan kurang lebih 30 personil yang terbagi dalam 4 Tim untuk melakukan Mapalus untuk Pekerjaan pemangkasan, pemeliharaan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), dan Mutasi Trafo di 2 lokasi yang berbeda.

Program ini akan terus berupaya dilaksanakan secara masif di wilayah kerja PLN UP3 Luwuk dan menjadi program andalan untuk dapat meningkatkan keandalan listrik. Artika Hadi mengungkapkan bahwa PLN UP3 Luwuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi pelanggan salah satunya dengan program tersebut. Hal ini menandakan bahwa PLN terus konsisten mengedepankan Service Excellent untuk pelanggan dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.(jou)

Komentar