Sonny Fabyan Saumana Terima SK Plt Hukum Tua dari Bupati ROR dan Wabup RD

Minahasa, KOMENTAR- Sonny Fabyan Saumana menerima Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) sebagai Hukum Tua Desa Seretan Kecamatan Lembean Timur dari Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD), di Gedung Wale Ne Tou, Sasaran Tondano, Senin (05/06).

Selain Sonny Fabyan Saumana juga ada 44 Plt Hukum Tua di Minahasa yang mendapat Surat Keputusan. Juga ada pelantikan 173 Badan Permusyawaratan Desa di 30 Desa.

Dalam sambutannya, Bupati Royke Oktavian Roring mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat kepada Saudara-saudara yang baru saja menerima SK Pelaksana Tugas (Plt) Hukum Tua dan Anggota BPD yang baru dilantik.

“Dengan harapan melalui tekad dan niat tulus saudara dapat membangun serta memajukan desa melalui aktualisasi dalam kerja yang profesional, optimal dan penuh tanggung jawab agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,” kata Bupati ROR

Dikatakannya, keberhasilan kepemimpinan Hukum Tua, tentunya tidak lepas dari  peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang merupakan lembaga lain di desa yang menyelenggaraakan fungsi pemerintahan tentulah sangat strategis, hal ini tergambar dari fungsinya yakni; membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa, menampung aspirasi masyarakat Desa dan melakukan pengawasan kinerja Hukum Tua.

“Karena itu Penyerahan Surat Keputusan kepada Pelaksana Tugas Hukum Tua dan Pelantikan Badan Permusyawaratan Desa ini menjadi langkah awal untuk membangun sinergitas dan kerja sama yang harmonis antara Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan dan lebih baik,” kata Bupati ROR.

Lanjutnya, Hukum Tua mengemban amanat yang tidak ringan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Hukum Tua harus mampu menempatkan diri di semua kepentingan masyarakat desa demi memajukan desa dan warga masyarakatnya.

“Begitu juga Badan permusyawaratan Desa sebagai tokoh masyarakat yang diberi kepercayaan dan kehormatan oleh rakyat tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi kontrol bagi jalannya pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dalam semangat mapalus menuju Minahasa Hebat,” ujar Bupati ROR mengingatkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati menegaskan beberapa hal Kepada pelaksana Tugas Hukum Tua dan BPD yang baru dilantik;
1. Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan Fungsi dan Tugas saudara, mengingat tuntutan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan sangat tergantung pada kinerja saudara.
2. Sebagai unsur Pemerintahan Desa, Hukum Tua dan BPD merupakan mitra, untuk itu perlu dibangun komunikasi yang harmonis antara Hukum Tua dan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi dan konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta pembinaan kemasyarakatan di desa.
3. Mendukung dan Mensukseskan berbagai program dan agenda Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa antara lain menggelorakan percepatan penurunan “Stuntimg”, memperkuat program “Marijo Torang Bakobong”, program “Ekosistem Desa” bagi pekerja rentan desa dan program-program lainnya.
4. Menciptakan kondisi desa yang aman dan damai dalam menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Anggota Legislatif di tahun 2024.

“Semoga penghargaan dan kepercayaan yang diberikan, akan memotivasi saudar-saudara untuk bekerja dan berkarya dengan sungguh-sungguh, karena masa depan Minahasa banyak tergantung pada kinerja kita semua. Tanamkanlah kebanggaan dalam diri kita untuk mengabdi dan berkarya di desa yang kita cintai, dengan senantiasa mengawali tugas dan kerja dalam permohonan doa dengan ucapan syukur kepada Tuhan,” pungkas Bupati ROR.(ist/*)

 

 

 

 

Komentar