Dihadiri Olly Dondokambey, Salam Metal Megawati di Tengah Jokowi dan Ganjar di Rakernas PDIP

Jakarta, KOMENTAR – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III hari ini, Selasa (06/06). Agenda pembukaan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rakernas III PDIP digelar di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dan dibuka Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain Jokowi, hadir juga bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Juga hadir Bendahara Umum (Bendum) PDIP Olly Dondokambey hingga eks Sekjen Pramono Anung. Mereka duduk sejajar di baris terdepan. Megawati terlihat diapit Jokowi dan Ganjar Pranowo.

Sesaat setelah Rakernas III PDIP dimulai, ada sesi foto bersama. Megawati yang berdiri diapit Jokowi dan Ganjar berpose salam metal. Jokowi, Ganjar dan elite-elite PDIP lainnya yang berdiri di barisan Megawati juga berpose salam metal.

Adapun tema Rakernas III kali ini adalah ‘Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara’. Pembukaan Rakernas diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hy’ne PDIP Perjuangan serta Pembacaan Dedication Of Life.

Hasto memimpin mengheningkan cipta dalam acara tersebut. Dia mengatakan, bahwa Rakernas III PDIP ini sekaligus momentum kelahiran Presiden Pertama RI Ir. Soekarno pada 6 Juni 1901.

“Seraya memohon ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, agar arwah para pahlawan bangsa khususnya Bung Karno diterima di sisi-Nya dan kita dapat mewarisi api perjuangnnya. Mengheningkan cipta dimulai,” kata Hasto yang langsung disambut dengan menunduk.

Usai mengheningkan cipta, acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pidato politik dari Megawati Soekarnoputri. Namun, pidato politik Megawati Soekarnoputri akan berlangsung secara tertutup.

“Selanjutnya kita akan mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof. Dr. (Hc) Megawati Soekarnoputri, dimana acara ini tertutup. Sekali lagi, acara ini tertutup. Yang terhormat kita beri tepuk tangan meriah, kita sambut, sambutan dari Ibu Prof Dr (Hc) Megawati Soekarnoputri,” kata pembawa acara Rakernas.

Prananda Prabowo menghantarkan Megawati menuju kursi sambutan yang berada di tengah-tengah aula Sekolah Partai. Lalu, acara pun berlangsung secara tertutup. Siaran Rakernas III PDIP yang disiarkan oleh akun YouTube PDI Perjuangan pun berhenti.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto pun mengungkapkan alasan pidato Megawati dan Jokowi digelar secara tertutup oleh awak media. Sebab, pidato tersebut berisi soal strategi PDIP dalam menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2024.

“Pembukaan Rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup,” kata Hasto.(ist/dtc)

Komentar