Presiden Jokowi: Ganjar Pranowo Punya Nyali dan Keberanian

Jakarta, KOMENTAR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bakal capres PDIP Ganjar Pranowo punya kriteria pemimpin ke depan, yakni nyali dan keberanian. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers usai pembukaan Rakernas III PDIP, Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (06/06).

“Kalau pemimpin ke depan seperti Pak Ganjar Pranowo yang paling penting itu nyali itu nomor satu. Berani dan punya nyali itu nomor satu. Saya lihat Pak Ganjar punya,” kata Jokowi.
Jokowi juga mendorong PDIP membuat desain Indonesia Indonesia menjadi negara maju di Tahun 2024. Presiden mengaku terdapat aneka tantangan yang akan dihadapi Indonesia ke depan, namun peluangnya juga besar.

“PDIP bisa mendesain sebuah rencana besar, nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola negara ini, sehingga bayangan-bayangan tadi saya sampaikan, paling tidak, bisa dipersiapkan perencanaan lebih dalam, tetapi ada sebuah kesempatan besar dalam membawa negara ini masuk negara maju dalam 13 tahun ke depan,” jelas Jokowi.

Bayang-bayang yang dimaksud Jokowi terkait dengan permasalahan global seperti krisis pangan, perang dan krisis energi. Menurut dia, tantangan tersebut harus diantisipasi sejak dini dan sebaiknya didorong untuk dibahas di Rakernas III PDIP.
“Saya sampaikan tantangan-tantangan yang dihadapi negara kita, utamanya kesulitan negara global, berkaitan krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan adanya perang. Saya kira tantangan seperti itu harus kita ketahui” tandas Jokowi.

Diketahui, Ganjar resmi dicalonkan sebagai bakal capres oleh PDIP. Saat ini baru PPP yang telah berkoalisi dengan PDIP untuk memenangkan Ganjar.
Jokowi juga berperan mendorong Ganjar sebagai bakal capres PDIP. Sebelum Ganjar ditetapkan sebagai bakal capres, Jokowi kerap melempar kode soal sosok yang akan didukungnya sebagai capres di Pilpres 2024. Salah satunya, Jokowi menyebut pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambut putih.

Dalam sejumlah survei, Ganjar diketahui menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden. Dalam survei yang dilakukan SMRC terbaru misalnya, Ganjar Pranowo meraih elektabilitas sebesar 37,9 persen, Prabowo Subianto sebesar 33,5 persen, dan Anies Baswedan meraih 19,2 persen.(ist/bsc)

Komentar