Proyek DAK Pendidikan di Minahasa Gagal Tender

Tondano, KOMENTAR-Satu Paket proyek sumber dana alokasi khusus (DAK) Pendidikan di Kabupaten Minahasa tahun anggaran 2023 mengalami gagal lelang (tender).

Paket proyek strategis dengan nilai ratusan juta yang gagal dilelang di antaranya pembagunan sarana, prasarana dan utilitas sekolah SD Inpres Teep. Proyek pekerjaan kontruksi pembagunan laboratorium komputer dan perabotnya senilai (pagu anggaran) Rp 255,5 juta tersebut sebetulnya sudah diajukan sejak awal Mei lalu namun gagal terealisasi.

Penyebab gagal lelang karna, pihak ketiga peaerta lelang proyek tidak menjalankan prosedur berdasarkan dokumen pemilihan. Selain itu, tidak ada penawaran yang memenuhi syarat setelah dievaluasi.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Minahasa, Meldy Lumintang,ST, MT ketika dikonfirmasi membenarkan terdapat satu paket proyek yang statusnya gagal tender.
ā€Iya, ada paket dana DAK yang gagal lelang,ā€ terangnya. Ia tidak bisa memastikan apa penyebab gagal lelang namun kata Meldy, tender paket proyek di SD Inpres Teep gagal
tender karna masalah dokomen yang belum lengkap.

“Pastinya saya tanya dulu ke pokja karna mereka bagian teknisnya. Yang pasti, paket ini harus ditender ulang secepatnya tanpa menunggu berakhirnya masa sanggah karena mengingat deadline waktu penyampaian laporan dana DAK tanggal 21 Juni,” ujarnya.

Gagal lelang memang sering dialami pemkab Minahasa. Lelang proyek tahun anggaran 2022 lalu terdapat sejumlah paket proyek dana DAK yang gagal tender. Sebagian harus ditender lagi dan sebagian gagal.

Seperti diketahui, ada 24 paket proyek yang naik ke meja lelang. Dari jumlah paket tersebut, 20 paket proyek sudah selesai tender sisanya belum ada jadwal.
Paket proyek yang di lelang sebagian besar berasal dari sumber dana DAK Pendidikan dengan total anggaran sekitar 13 miliar dan sebagain berasal dari dana DAK PUPR.

Dari pantauan di laman resmi Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Minahasa, anggaran paket proyek terbesar adalah pekerjaan kontruksi penambahan ruang kelas baru SMP Negeri 4 Tombariri dengan pagu paketRp. 997.061 juta dengan status tender selesai.(bly)

Komentar