Pj Bupati Maybrat Laksanakan Kegiatan Desiminasi Audit Kasus Stunting

Maybrat, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard Rondonuwu SSos MSi melaksanakan kegiatan desiminasi audit kasus stunting TPPS Kabupaten Maybrat, di ruang rapat Kantor Bupati, Senin (07/08)

Pj Bupati Bernhard Rondonuwu mengatakan program-pragram yang sudah direncanakan adalah intervensi yang harus kita lakukan pemerintah, dan hal-hal yang menjadi hambatan sekarang adalah data. Sehingga kita tidak salah mengambil langkah dan melakukan tindakan tepat sasaran.

“Kami sudah datang dua hari yang lalu ke Kabupaten Sumedang, karena sudah di perintahkan Pak Presiden Joko Widodo untuk mencontoh dan melihat bagaimana data dan peoses pengumpulan data di masyarakat. Sehingga bisa menunjang program-pragram pemerintah,” kata Pj Bupati.

Lanjutnya, di Kabupaten Sumedang pemerintah membagikan HP Android kepada kader di seluruh distrik, kecamatan sampai di desa-desa, sehingga para kader maksimal jam 12.00 bisa menginput data perkembangan dari ibu hamil, anak di bawah 5 tahun. “Mereka mengirimkan setiap hari dari jam 12.00 dikirimkan ke Puskesmas diolah data dikirim ke SPBE di bank datanya Kabupaten Sumedang, sehingga mereka bisa setiap hari bisa tahu data terbaru,” jelas Pj Bupati.

Kata dia, sekarang kita kembali ke Kabupaten Maybrat. Bagaimana kita akan mengambil kebijakan ketika data tidak terdukung dengan baik, maka pelaksanaan yang kita rencanakan seperti penurunan data stunting akan mengalami hambatan di data.

Kemudian, kata Pj Bupati, intervensi kegiatan yang sudah disampaikan oleh pak dokter dan ibu dokter tadi, stunting tidak bisa disembuhkan cuma bisa dicegah, sehingga kita buat program dan mengajak masyarakat agar bisa
beternak, memelihara ikan dan termasuk makanan lokal juga agar bisa mencukupi kebutuhan gizi dan sisi lain juga menambah pendapatan masyarakat.

“Terutama di jajaran kesehatan sampai ke puskesmas sampai di pos-pos kesehatan yang ada. Saya pikir itu penting, kalau semua mau dan selalu ada targetnya maka permasalahan stunting bisa terselesaikan,” jelas Pj Bupati lagi.(ist/*)

 

Komentar