Pj Bupati Maybrat Bernhard Rondonuwu Lantik Sekdakab Ferdinandus Taa

Maybrat, KOMENTAR- Pj Bupati Maybrat Dr Bernhard E Rondonuwu SSos MSi melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Maybrat Ferdinandus Taa SH MSi, di kantor bupati, Rabu (09/08).

Kesempatan itu, Pj Bupati Bernhard Rondonuwu dan Ferdinandus Taa bersama perwakilan saksi melakukan pendatanganan berita acara pelantikan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, pencipta langit dan bumi oleh kasih karuniaNya. Kesempatan itu, Pj Bupati ucapkan terima kasih kepada Bapak Danrem 181/PVT dan Bapak Wakapolres Kabupaten Maybrat, tokoh masyarakat yang sudah hadir juga tokoh agama pastor, pendeta ketua klasis yang sudah hadir. Rekan-rekan pimpinan OPD yang sudah hadir, kepala kampung, seluruh tokoh-tokoh masyarakat serta tokoh pemuda yang sudah hadir.

“Kita semua patut bersyukur, karena hari yang luar biasa ini kita masih diberikan kesehatan kita diberikan cuaca yang bagus, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan ini,” kata Pj Bupati penuh syukur.

Pj Bupati mengatakan Sekretaris Daerah sudah dilantik dengan resmi. Kita berbangga sebagaimana dasar undang-undang tentang pemerintahan daerah yang sudah diatur dengan perubahan yang kedua undang-undang Nomor 9 tahun 2015 tentang pemerintahan daerah.

Kemudian dalam pelaksanaan tugas pun Pejabat Sekretaris Daerah itu sudah diatur berdasarkan Perpres Nomor 3 tahun 2018, dan proses ini berjalan sejak beberapa bulan yang lalu.

“Tugas sekretaris yang sangat penting penyelenggaraan pemerintahan didalamnya ada pembangunan dan kemasyarakatan itu. Sekda harus menetapkan program kegiatan prioritas setelah diskusi bersama antara eksekutif dan legislatif. Beliaulah yang kemudian harus menata, menghimpun mengecek mengoperasionalkan seluruh OPD,” jelas Pj Bupati.

“Jadi seluruh OPD ini yang akan mengecek satu persatu. Kemudian ini yang akan melaksanakan penata keuangan persoalan urusan uang, dan bukan urusan Bupati. Jadi, semuanya urusan Sekda ketika pemerintah berjalan. Kepala daerah memikirkan kebijakan daerah, siapa yang melaksanakan adalah Sekda dengan mendorong dan mengkoordinasikan,” tegasnya mengingatkan.(ist/*)

Komentar