Abdullah Mokoginta Kandidat Kuat Penjabat Walikota Kota Kotamobagu

Sulut, KOMENTAR- Salah satu pejabat eselon 2 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) asal Bolmong Raya, Abdullah Mokoginta SH MH kandidat kuat menjadi Penjabat (Pj) Walikota Kota Kotamobagu.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, Pimpinan Dewan¬†Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu telah mengusulkan tiga nama bakal calon Pejabat Walikota Kota Kotamobagu ke Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta. ‚ÄĚBenar saya dan ketua DPRD Kota Kotamobagu membawa 3 nama sebagai usulan untuk calon Penjabat Walikota Kota Kotamobagu. Karena pemerintahan TBNK yang sekarang ini sesuai SK yang ada, segera berakhir pada bulan September tahun 2023 ini,” kata Syarif Mokodongan¬†salah satu Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Kamis (10/08) pekan lalu, seperti diberitakan Moropotnews.com

Lanjut dia, ketiga nama bakal calon pejabat walikota Kota Kotamobagu ini, nantinya akan meneruskan roda pemerintahan sampai terpilih dan dilantiknya walikota dan wakil walikota Kota Kotamobagu yang baru hasil Pilkada tahun 2024 .

‚ÄĚIni sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (permendagri) No.04 tahun 2023 yang diundangkan tanggal 05 April 2023, bahwa untuk usulan bakal calon pejabat walikota selain usulan dari Menteri Dalam Negeri dan usulan Gubernur juga atas usulan DPRD setempat,‚ÄĚ kata Mokodongan.

Lantas, dia menyebut ketiga nama yang diusulkan, yakni¬†Abdullah Mokoginta SH MH, Drs Hi Agung Adati dan Drs Asripan Nani Msi. ‚ÄĚKetiganya ini adalah putra terbaik dari Bolaang Mongondow Raya, ‚ÄĚsebut Mokodongan.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat sekaligus mantan birokrat senior Bolaang Mongondow Raya¬†Hi Gun Lapadengan SH¬†memberikan penilain tentang ketiga nama bakal calon pejabat Kota Kotamobagu ini.‚ÄĚ Ketiga bakal calon penjabat cukup bagus dan berpengalaman, tetapi kalau bisa saya usul, bahwa Pak¬†Abdullah Mokoginta¬†atau papa Arum inilah yang paling pas untuk menjadi Penjabat Walikota Kota Kotamobagu,” sebut Lapadengan yang juga mantan pejabat Bupati Bolmong dan mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut.

“Pak Abdullah Mokoginta memang sangat pas, dan kandidat kuat menjadi Penjabat Walikota Kota Kotamobagu. Apalagi saat ini, Pak Abdullah memegang jabatan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulut,” tambah sejumlah tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat Kotamobagu.(ist/tim).

 

 

Komentar