Jokowi Umumkan Gaji Naik 8 Persen, Pejabat dan PNS Minahasa Bersorak Saat Rapat Paripurna DPRD

Tondano, KOMENTAR-Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan gaji aparatur sipil negara ASN), TNI, Polri sebesar 8 persen. Untuk pensiunan sebesar 12 persen. Presiden juga mengatakan kenaikan gaji PNS berlaku pada 2024

“RAPBN 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/ TNI/Polri sebesar 8 persen dan kenaikan untuk Pensiunan sebesar 12 persen,” ujar Jokowi dalam pidato RUU RAPBN 2024 beserta Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (16/08).

Rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato presiden juga digelar secara daring di DPRD Minahasa yang dihadiri Bupati Royke Octavian Roring, Ketua DPRD Glady Kandouw dan jajaran pejabat Pemkab dan Forkopimda.

Sontak saja, penyampaian Jokowi itu disambut tepuk tangan dan sorakan bergembira dari para pejabat alias kepala perangkat daerah yang hadir. Termasuk kalangan ASN dan PPPK. Suasana rapat paripurna istimewa yang awal teduh mendadak berubah riuh.

“Horeee. Lumayan 8 persen, ” celetuh seorang pejabat eselon III di ruang paripurna.

Raut wajah para ASN dan kalangan PPPK Minahasa nampak senyum senyum ketika mendengarkan pidato kenaikan gaji. Mereka mulai berhitung berapa gaji yang akan diterima. “Lumayan gaji tatambah (bertambah) sekitar 200 ribu, ” ucap seorang ASN.

Pengumuman kenaikan gaji ini memang adalah hal yang paling ditunggu oleh para ASN Ini adalah kenaikan pertama pada gaji pokok PNS dan pensiunan setelah terakhir kali naik pada 2019.

Bupati Minahasa, Royke O Roring bersyukur atas kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara dan pensiunan di tahun 2024 mendatang. Ia berharal kenaikan ini harus seiring dengan peningkatan kinerja ASN.

Bupati ROR, mengatakan pada agenda paripurna, presiden RI juga menjelaskan terkait dengan visi dan misi yang disampaikan oleh pemerintah pusat harus sama narasinya, menjadi satu kesatuan, berkolaborasi antara pemerintah dengan forkopimda, DPRD Minahasa untuk menjaga stabilitas, meningkatkan pembangunan, dan melaksanakan momentum kebangsaan dengan penuh rasa hikmat.

“Kepada Forkopimda, jajaran Pemkab Minahasa terima kasih atas kerjasamanya selama ini dan di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, saya ucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Minahasa yang secara bersama-sama telah ikut serta dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa yang lebih baik dan maju dalam segala bidang,” ungkapnya.

“Semoga umur ke 78 ini membuka jalan yang lebih lebar bagi kejayaan dan kemajuan bangsa dan terus melaju untuk Indonesia maju,” terang ROR.(bly)

 

 

 

 

Komentar