Sulut Terus Melaju untuk Indonesia Maju: Dari Gubernur OD Raih Bintang Jasa Utama hingga Major 9 Dapat 4 Standing Ovation

PROVINSI Sulawesi Utara (Sulut) Sulut terus melaju untuk Indonesia maju. Bagaimana tidak? Dari anak-anak muda hingga pemimpin dari provinsi yang dikenal dengan sebutan Bumi Nyiur Melambai ini tak ketinggalan semuanya ikut menorehkan prestasi membanggakan. Mereka semuanya mampu mengharumkan Sulut. Tak hanya itu, mereka juga berhasil meraih penghargaan di kancah nasional.

Seperti tema peringatan HUT Proklamasi RI ke-78 yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju ini benar-benar menggambarkan keunggulan potensi sumber daya manusia dan kebudayaan dari Sulut di tengah kemajuan bangsa.

Dimulai dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) menjadi satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Utama oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (14/08).

Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Sulut.
Bukan instan. Proses seleksi ketat hingga memakan waktu berbulan-bulan yang dilakukan panitia hingga mantap memutuskan Gubernur Olly Dondokambey berhak menerima bintang jasa utama dari Presiden Jokowi.

Bintang jasa utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk menghormati seseorang atas jasa dan perjuangannya. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap negara dan bangsa dalam suatu bidang, peristiwa, atau hal tertentu.

Selanjutnya, Nataniel Shawn Edward Sondakh. Paskibraka Nasional dari Nusa Utara ini didaulat menjadi pembentang Sang Saka Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi RI di Istana Negara, Kamis (17/08).

Berbagai tahapan seleksi yang tidak mudah juga harus dilalui Nataniel, pelajarĀ kelas 12 di Sekolah Lentera Harapan (SLH) Sangihe hingga terpilih sebagai pembentang bendera di hadapan Presiden Jokowi.

Selain potensi sumber daya manusia yang mumpuni, Sulut juga memiliki keunggulan budaya yang mampu menarik perhatian tokoh-tokoh nasional untuk menggunakan pakaian adat Sulut pada peringatan HUT Ri ke-78.

Misalnya, Ketua DPR RI, Ibu DR (HC) Puan Maharani yang menggunakan pakaian adat Salu dari Suku Bolaang.

Tak hanya Ketua DPR Puan Maharani, Putra Presiden RI, Kaesang Pangarep bersama sang istri Erina Gudono tampil kompak menggunakan pakaian adat Kabasaran Suku Minahasa dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI ke-78 di Istana Negara.

Bahkan Kaesang terpilih menjadi salah satu busana/pakaian adat terbaik dalam peringatan HUT RI Ke-78.

Nampak Kaesang memasang ekspresi serius saat difoto close up. Anak bungsu Presiden Jokowi itu terlihat mengenakan hiasan di kepala juga kalung taring.

Pada caption unggahannya, Erina mengungkapkan kalau ada tiga simbol utama dalamĀ baju adat KabasaranĀ tersebut. Termasuk hiasan kepala yang dipakai Kaesang.

Aksesoris itu bernama gegenang yang berarti ingatan. Disimbolisasikan dengan porong di bagian kepala menggunakan bulu ayam jago dan kepala burung uak. Dimaknai sebagai melakukan kebaikan.

Sementara hiasan kalung pada dada Kaesang berupa “pemenden” atau perasaan yang disimbolkan dengan “karai” berupa kulit kayu dan kalung, baik kelana (dari manik-manik), dari taring babi rusa, ataupun kalung dari perunggu. Maknanya manusia harus selalu menimbang dengan perasaan tetapi jangan berlebihan.

Simbol terpenting ketiga pada baju adat itu juga terdapat keketez yang berarti kekuatan dan disimbolkan dengan ikatan-ikatan di tangan, kaki, juga pinggang. Ikatan tersebut kabarnya telah didoakan pada Tuhan dan dipercaya bisa memberi kekuatan.

“DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA 78 Terus Melaju Untuk Indonesia Maju MERDEKA,” tulis Erina pada akhir tulisannya, dikutip Jumat (18/08).

Masih tentang kebudayaan lokal Sulut. Masih hangat dalam ingatan, capaian tiga kontestan perwakilan Sulut yang mengusung kearifan budaya lokal dan kreatifitas mereka dalam ajang Indonesia Got Talent 2023, yaitu Major 9, Zaitun Voice dan Fatamorgana Dance.

Mereka tampil di layar kaca mengharumkan Sulut lewat kemampuan menari hingga memainkan alat musik tradisional Sulut.

Contohnya, penampilan Major 9 yang berhasil membuat para juri terhibur hingga peserta asal Sulut ini mendapatkan empatĀ standing ovation dari para juri.

Aksi yang ditampilkan Major 9 ini sangat menarik karena rasa tradisional yang kental dibalut dengan versi modern.

Bahkan para juri pun merasa apa yang ditampilkan Major 9 terasa seperti kelas internasional.

Sementara itu, prestasi gemilang lainnya dicetak oleh North Sulawesi GMIM Male Choir (NSGMC) yang sukses menyabet 4 Juara di Festival Leonardo Da Vinci International Choral yang ke-5 di Kota Firenze, Florence Italia yang berlangsung 11-14 Juli 2023.

Setelah berhasil meraih Champion di 3 kategori dalam ajang International Choral en Provence yang diselenggarakan di La Seyne Sur Mer, Marseille PerancisĀ pada tanggal 7-9 Juli 2023 yang lalu, NSGMC kembali mencatat sejarah dengan meraih Champion pada 2 Kategori : Equal Voices Choirs (B) dan Sacred Music (F) serta 2 penghargaan terbaik lainnya: Throphy Best Conductor atas nama Swingly Wicliff Sondak dan Thropy Best Male Soloist atas nama Angga Arjuna Manorek pada Festival 5th Leonardo Da Vinci International Choral Festival di Italia.

Prestasi tidak pernah berhenti. Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw terus melaju untuk Indonesia maju.

ā€œSaya berharap Sulut tambah maju dan tambah hebat. Dengan pembuktian Pemerintah Provinsi Sulut melalui Gubernur mendapatkan bintang jasa utama dari Presiden Jokowi. Ini merupakan berkat kerjasama para semua masyarakat dan stakeholder terkait untuk membangun Sulawesi Utara, sehingga saat kita ulang tahun RI ke-78, kita mendapatkan penghargaan bintang jasa utama dari pak Presiden Jokowi. Penghargaan bintang jasa utama ini saya persembahkan untuk Sulawesi Utara,ā€ kata Gubernur Olly Dondokambey usai memipin upacara HUT RI ke-78 di halaman Kantor Gubernur Sulut.(ist/*)

Komentar